Jarot Minta Aparatur Desa Terus Berkreasi dan Inovasi Dalam Membangun Wilayah

www.detiksaga.com ,Sintang: Kepala  Dinas   Pemberdayaan  Masyarakat dan  Pemerintahan  Desa  Kabupaten  Sintang Herkulanus Roni mengatakan  Bursa Inovasi Desa   merupakan program pusat yang ditetapkan melalui keputusan  Menteri (KEPMEN) Desa  PDTT Nomor 83 Tahun 2017, sebagai panduan bagi para pihak  dalam melaksanakan perencanaan, pelaksnaan maupun pemantauan, yang pendanaannya  berasal dari  International Bank  For Reconstruction and Development (World Bank) atau Bank Dunia.

Tujuannya, kata Roni untuk  meningkatkan kwalitas penggunaan dana desa melalui kegiatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat  desa yang inovatif dan peka terhadap kebutuhan masyarakat desa, serta membangun kapasitas desa yang mandiri.

Bupati Sintang Jarot winarno mengatakan   tema  Peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan  ke 73 Tahun 2018 ini,   “Kerja Kita Prestasi Bangsa”  tema ini seiring dengan program inovasi desa sehingga  pemerintah kabupaten Sintang mewujudkan dengan berbagai  kegiatan melaui pembangunan berbagai sarana di daerah pedalaman maupun pedesaan.

“ Seperti pembangunan PLTMH melalui  dana APBD tahun 2018, serta desa Pahai Permai ada air terjun 7 tingkat juga membangun PLTMH , termasuk di beberapa desa lainnnya di daerah ini  itu merupakan salah satu bentuk nyata kerja  kita,” Ujar  Jarot Winarno.

Baca juga : Ketua DPRD Sintang Harapkan Para Kepala Desa Dapat Mempertangung Jawabkan Dana Desa Dengan Baik

Contoh lain, kata Jarot di desa Baras Nabun dan Desa Ratu  Damai Kecamatan Kayan Hilir  sedang  dibangun Jembatan gantung rangka baja  program pemerintah pusat.

”Mohon pak kades bisa monitor kegiatan tersebut,  karena dengan  spek  ukurannya, harus bisa dilewati mobil ambulan , itu juga merupakan bentuk kerja kita, dan kalau semua kerja kita yang dilakukan ini , adalah merupakan prestasi bangsa,’ Tambahnya.

Jarot juga mengatakan Indonesia maju bukan  karena obor yang besar  di Jakarta maupun di Kabupaten kota di Indonesia, namun karena lilin-lilin pembangunan  yang ada di desa-desa  itulah Indonesia maju.

”Jadi pas betul temanya  adalah Kerja Kita Prestasi Bangsa , dan kita di desa diminta untuk  dapat  berkreasi   dan terus berinovasi,” Tandasnya .

Kegiatan ini melibatkan seluruh kepala desa, pendamping desa dan sekretaris desa se kabupaten Sintang dengan jumlah peserta mencapai seribu orang. ( Fik)

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News