Wabup : Koordinasi Pendamping Desa Dan Aparatur Desa Perlu Dibenahi

www.detiksaga.com- Sintang: Wakil Bupati Sintang Drs. Askiman, berharap terjadi singkronisasi kegiatan antara tenaga pendamping desa dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Sintang.

Singkronisasi ini sangat penting agar terjadi  peningkatan  kegiatan terhadap  proses pembangunan  di daerah pedesaan

”Selama ini  terkesan komunikasi  antara para Tenaga Pendamping Desa , Perangkat Desa, BPD dan DPMPD  masih minim,” Kata Askiman Pada Rapat  Koordinasi  Program Pembangunan  Dan Pemberdayaan  Masyarakat Desa  (P3MD) Kabupaten Sintang  di Balai pagodai, Kamis (13/09/2018).

Menurut Askiman bentuk desain perencanaan APBDES  yang harus disesuai dengan peraturan yang benar, tentunya tingkat pemahaman pada tingkat desa tidak dapat bekerja sendiri.

” Para tenaga pendamping ini  untuk bisa  membimbing dan membina serta mengendali mereka secara  konseptual dalam rangka penyusunan APBDES,” Tambahnya.

Baca juga :Diskominfo Sintang Dorong Lahirnya KIM Pada Desa Minim Informasi

Askiman juga  menjelaskan, kelemahan aparatur desa pada saat menyusun  rencana kegiatan fisik  ditingkat desa, mereka masih belum memahami  bentuk perencanaan secara teknis.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas  Pemberdayaan  Masyarakat  Dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Sintang   Herkulanus Roni, SH, menyatakan, Rapat  Koordinasi Program Pembangunan  Dan Pemberdayaan  Masyarakat Desa  (P3MD) Kabupaten Sintang  merupakan, agenda rapat bulanan  sangat penting guna  memaksimalkan  peran dan fungsi  Para Tenaga  Pendamping Desa,  untuk melakukan  Pengawasan  dan Pembinaan  terkait penggunaan  terhadap Dana Desa dan  Dana Alokasi Desa.

”Nantinya dana-dana tersebut  dapat  digunakan  sesuai dengan porsi  yang sudah ditentukan, karena para  Tenaga  Pendamping  Desa  tersebut  mereka sudah memiliki  keahlian khusus pada Bidangnya  Masing-masing, seperti  Bidang Pendidikan,  Infrastruktur, dan Bidang  Pemberdayaan,” Katanya. (Fik)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Detiksaga News