Jaringan Kelompok Kerja Tani Menilai Sintang Perlu Produk Pertanian Unggulan

www.detiksaga.com , Sintang: Jaringan Kelompok Kerja Tani (Jakket) di Desa Umin Jaya Kecamatan Dedai Kabupaten Sintang  berhasil membudidayakan tanaman semangka unggul dan melakukan panen perdananya pada sabtu (12/08/2017) sore.

Ketua Jakket, Adi Nugroho mengatakan berdirinya Jakket merupakan keprihatinan pihaknya terhadap produk- produk pertanian yang saat kurang di maksimalkan seperti pengelolaan hasil pertanian dan juga terkadang produksi hasil pertanian yang kurang menguntungkan petani.

Melalui Jakket ini bisa menjadi wadah dan pembinaan para petani, dan salah satunya di desa umin jaya ini yakni budidaya buah semangka di dua lokasi pembinaan.

“Ada dua lokasi di desa umin jaya ini yang kita bina,kita tanam buah semangka lokasi pertama dengan luas lahan 4 hektar yang di panen pak wakil bupati Sintang, kisaran dari luas lahan itu sekitar 2 ton  dan lokasi kedua dengan luas lahan sekitar 4,5 hektar namun buah semangkanya belum bisa di panen,” Kata Adi

Adi mengakui masih sulit mengolah hasilnya oleh sebab itu berharap adanya bantuan dari pemerintah berupa alat olah  agar masyarakat Umin jaya dapat mengolah hasil pertanian seperti semangka ini sehingga bisa menjadi produk jadi yang nantinya menjadi produk unggulan atau ciri khas produk kabupaten sintang.

Wakil Bupati Sintang Askiman menilai hasil panen perdana buah Semangka tersebut  tersebut sangat luar biasa rasanya rasanya sangat manis dan gurih.

Askiman meminta kepada Jakket dan masyarakat desa Umin jaya terus menggali potensi unggulan daerah, Desa Umin  sudah di kenal dengan kain tenun tradisionalnya. Pemerintah kabupaten Sintang telah membentuk tim kerja yang di sebut melalui Peningkatan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat atau P2 Emas melalui 10 dinas persemakmuran.

“Melalui P2 Emas ini adalah upaya pemerintah kabupaten Sintang  untuk menggali potensi daerah,Tahun 2018 mendatang program kerjanya sudah berjalan, dan saya harap juga Jakket menjadi mitra dukungan pemerintah terhadap program P2 emas ini, dan salah satu desa program P2 emas ini yakni desa Umin ini ,” Tandasnya. ( Fik)

Komentar

Detiksaga News