Bukan Ujian Nasional, Test Standar Kelulusan Siswa Tetap Harus Dilaksanakan

www.detiksaga.com.   Sintang: Setelah dihapusnya Ujian nasional saat ini sejumlah sekolah melakukan tes sumatif atau ujian sekolah untuk menentukan kelulusan siswa.

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Sintang Yustinus mengatakan tes Sumatif ini dijadikan penentu kelulusan setelah melihat hasil rapor semester dan dipertimbangkan oleh sekolah.

“Test Sumatif ini sebenarnya untuk melihat bagaimana proses pembelajaran akhir, jangan sampai ini tidak dilakukan, sebab bagaimana dinas Pendidikan dapat melihat progres pembelajaran dengan baik bila tidak dilakukan tes,” kata Yustinus.

Ia memastikan semua jenjang akhir pendidikan harus melaksanakan semua baik sekolah-sekolah yang ada di kota maupun di desa-desa.

Yustinus juga menyatakan untuk sekolah-sekolah yang akan melaksanakan kegiatan belajar mengajar libur cuti bersama lebaran agar menyesuaikan  sehingga tidak mengganggu proses ulangan dan lainnya.

“ Untuk sekolah sekolah di bawah naungan yayasan harusnya libur cuti bersama dapat menyesuaikan sehingga tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar, tapi kita yakin sekolah mengikuti kalender pendidikan yang sudah ada,” tandasnya. (fik)

Komentar

Detiksaga News