Pemkab Sintang Dorong Manfatkan Sungai Kapuas Untuk Budidaya Perikanan

www.detiksaga.com, Sintang:  Kabupaten  Sintang  memiliki potensi perikanan konsumsi yang cukup besar, sejak tahun 2015 produktivitas ikan nila mencapai 230,75 ton, dan  tahun 2018 mencapai 602,83 ton.

Kepala Dinas tanaman Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang Veronika Ancili mengatakan, peluang yang cukup besar saat ini tingginya permintaan pasar pada jenis Ikan Baung, ikan Sungai ini  paling banyak diminati masyarakat harganya cukup mahal, bahkan menjadi penyumbang inflasi di kabupaten Sintang.

“Ikan jenis Baung ini masih belum dapat dibudidayakan Ikan ini merupakan Ikan sungai khas kalimantan. Namun kami sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia untuk membuat Demplot Ikan Baung sehingga kedapan jenis ini dapat teratasi,” katanya

Pembangunan Keramba milik Kodim 1205 Sintang ini salah satu upaya Budidaya Ikan dengan pemanfaatan aliran sungai kapuas, Bupati Sintang, Jarot Winarno  mengatakan, apa yang dilakukan Dandim Sintang dan jajarannya, ini merupakan contoh baik bagi masyarakat dan dapat mengembalikan peradaban sungai Kapuas.

“ Potensi Sungai yang panjang ini diharapkan peningkatan konsumsi Ikan di Sintang yang redah hanya 38 Kg/orang petahun, padahal Sintang Merupakan penghasil Ikan terbesar tapi anehnya Ikan banung menjadi pengaruh faktor Inflasi di Sintang,” kata Jarot.

Dandim 1205 Sintang Letkol Infantri Eko Bintara Saktiawan mengatakan ditengah pandemi covid-19 ini memiliki tujuan strategis untuk mendukung ketersediaan ikan dan mendorong konsumsi ikan di Sintang meningkat.

“ Konsumsi Ikan di Indonesia timur 40 /kg per orang pertahun dan kita masih rendah, selain itu sasaran kami mulai mengalihkan pertambahangan emas di Sungai ke budi daya ikan yang lebih ramah lingkungan,” kata Dandim

Dandim menyatakan prihatin kondisi lingkungan Sungai kapuas saat ini digerus oleh kerusakan dari pertambangan, Perusahaan Sawit sampah dan  lingkungan setiap tahunya, padahal Sungai  Kapuas ini masih memberikan Potensi terbesarnya yakni Budidaya Ikan Air Tawar.(fik)

 

Komentar

Detiksaga News