Pemkab Sintang Terima Sembilan Kali WTP dari BPK

www.detiksaga.com,  Sintang: Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK Perwakilan Kalimantan Barat Rahmadi, SE, MM telah memeriksa laporan keuangan Tahun Anggaran 2020 Pemerintah Kabupaten Sintang. Hasilnya ada empat kriteria penilaian  yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintah, efektivitas penilaian internal, kecukupan pengungkapan informasi, dan kepatuhan pada peraturan perundang-undangan.

Dengan demikian empat kriteria ini dipenuhi, sehingga BPK  memberikan opini WTP kepada Pemerintah daerah kabupaten Sintang.

“Pemeriksaan bertujuan untuk memastikan apakah laporan keuangan sudah disajikan secara wajar dalam segala hal dan sesuai dengan standar keuangan pemerintah dan prinsip akutansi,” terang Rahmadi, sabtu (8/5/2021).

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah Kabupaten Sintang Joni Sianturi mengatakan  BPK RI Kalbar menyerahkan dua buah buku laporan yang terdiri laporan hasil pemeriksaan yang memuat pernyataan atau opini atas kewajaran laporan keuangan dan laporan hasil pemeriksaan terkait pengendalian internal dan kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“LKPD tahun 2020  Kabupaten Sintang kembali mendapat predikat opini WTP, ini sebagai bentuk keseriusan Pemda Sintang untuk menyajikan laporan keuangan yang berkualitas.  Meskipun kita  masih akan melakukan upaya penyempurnaan laporan keuangan sebagai salah satu bentuk pertanggung jawaban keuangan daerah,” kata Jhoni

Dari hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Kalbar, ada juga rekomendasi untuk LKPD Pemkab Sintang Tahun 2020 dan  diberi waktu 60 hari ke depan untuk menindaklanjuti rekomendasi tersebut.

Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 tersebut diterima Wakil Bupati  Sintang Sudiyanto, SH bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang Heri Jambri, di Aula Kantor BPK Perwakilan Kalbar Jalan Ahmad Yani Pontianak pada Jumat, (7 /5/2021). Ini menjadi opini WTP dari BPK yang ke-9 kalinya diterima oleh Pemerintah Kabupaten Sintang secara berturut-turut. ( fik)

Komentar

Detiksaga News