DPRD Sintang Minta Hasil Swab Disampaikan Lebih Cepat

www.detiksaga.com Sintang : Wakil Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Sintang H. Senen Maryono mengatakan pihaknya beberapa kali menyoroti Swab yang dilakukan pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang pada warga yang terkonfirmasi Covid 19 hasilnya  harus lebih cepat  diketahui .

“ Hasil Swab harus cepat, hal ini juga guna mengetahui apakah warga yang diswab dinyatakan terkonfirmasi atau tidak,” kata H.Senen Maryono usai melaksanakan Rapat Kerja di gedung DPRD Sintang bersama Dinkes Sintang dan RSUD Ade Muhammad Djoen Sintang,Rabu ( 24/3/2021).

Menurut H. Senen Maryono,Warga sudah Jenuh dengan pembatasan Sosial dan hal ini menyebabkan  warga bergaul dengan bebas.

Menaggapi ha ini, kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dokter Hary Sinto Linoh menjelaskan Pihaknya telah menerima usul saran dari pihak DPRD Sintang  agar persoalan yang dihadapi serta solusinya, Untuk mengetahui hasil swab memang memerlukan waktu 3 hingga 4 jam hal ini dengan  proses pemeriksaan yang ketat.

Selain itu Dinkes Sintang melalui tim penanganan Covid 19 Kabupaten Sintang secara  rutin  melakukan Swab jika ada warga yang terindikasi Covid 19, apabila ada Warga yang terkonfirmasi Covid- 19 pihak Dinkes juga melakukan telusur atau tracing Contak.

“ Jadi warga yang merasa pernah kontak fisik dengan seseorang yang terconfirmasi Covid 19 , maka segera dilakukan swab, “ tegas dr Sinto.

Sementara laporan data dari Dinkes Sintang warga yang terkonfirmasi Covid -19 serta yang dirawat dirusun RSUD Ade M.Djoen Sintang  75 orang, diruang Khusus ada 5 Pasien serta diruang Intensive Care Unit (ICU) berjumlah  7 pasien.

Insitif operasional bagi petugas menjadi kendala , mengingat dana dari pemerintah pusat dan daerah saat ini terbatas. Belum lagi terbatasnya Kendaraan Operasional seperti belum memiliki ambulance double gardan.

“Guna menekan Penyebaran Covid 19 pihaknya gencar melakukan Vaksinasi, memang untuk Vaksinasi yang  tersedia saat ini sebanyak 4 Ribuan dan sudah dilakukan secara bertahap , sementara jumlah Vaksin yang dibutuhkan masih sangat banyak, mengingat jumlah penduduk kabupaten sintang mencapai 426 ribu.” tambah  Sinto. (Ram)

 

Komentar

Detiksaga News