Bandara Nanga Pinoh Usulkan 7 Rute Penerbangan Baru

www.detiksaga.com,  SINTANG : Setelah tidak lagi beroperasi selama bertahun tahun Bandar Udara  (Bandara) Perintis Nanga Pinoh di kabupaten Melawi mengusulkan 7 rute penerbangan pada kementrian perhubungan untuk tahun 2022.

Dari tujuh Rute Penerbangan tersebut, empat rute langsung dari Bandara Nanga Pinoh, seperti Nanga Pinoh -Singkawang, Nanga Pinoh-Pontianak, Nanga Pinoh – Ketapang, Nanga Pinoh-Palangkaraya.

Kepala Kantor UPBU Kelas III Nanga Pinoh Sintang Doni Suryana Haris mengatakan keputusannya akan di eksekusi tanggal 15 maret 2021 mendatang, sehingga pihaknya minta dukungan pemerintah kabupaten Melawi agar mengikuti rapat tersebut.

“ Kita minta pemerintah kabupaten Melawi melalui Sekda agar memberikan alasan pentingnya moda transportasi alternative, karena banyaknya kejadian bencana yang membuat wilayah ini terisolasi,’ kata Doni, rabu (10/3/2021)

Penerbangan ini dikhususkan untuk penerbangan perintis berbadan kecil, sehingga pihak bandara tidak dapat mengundang maskapai seperti Nam Air , garuda maupun Wings, karena pesawat ATR 72 relatif besar.

“Saat ini landasan pacu untuk pesawat ATR masih belum mendukung, sehingga yang memungkinkan adalah pesawat perintis,” ungkapnya.

Bandar Udara Nanga Pinoh, memiliki panjang runway 1.300 x 30 m. penerbangan dari dan ke bandara  terhitung sejak 2019 tertutup, bandara ini sudah tidak melayani penerbangan bersubsidi lagi. dengan demikian sudah tidak ada lagi angkutan udara dari dan ke bandara ini secara berjadwal. namun pemeliharaan secara berkala masih terus dilakukan. (fik)

Komentar

Detiksaga News