Pemkab Sintang Akan Bangun Kembali Rumdin Bupati Sesuai Aslinya

www.detiksaga.com , Sintang :  Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (DPRKP) Kabupaten Sintang  Zulkarnaen mengatakan pihaknya tengah berkonsultasi dengan berbagai stakeholder untuk segera mendesain ulang Rumah Dinas (Rumdin) Jabatan Bupati Sintang pasca peristiwa kebakaran, kamis (26/ 07/2018) lalu.

“ Desainya harus benar dan mengacu pada kaidah- kaidah sesuai aslinya, karena kaitanya dengan nilai historis bangunan ini,” ungkapnya, Senin (30/07/2018) pagi.

Setelah 17 agustus 2018,kata Zulkarnain akan segera mendesain perencanaanya dengan meminta bantuan jasa konsultan mengingat bangunan  ini memiliki sejarah panjang.

Zulkarnain juga sempat menunjukan gambar asli bangunan Rumdin yang dibangun tahun 1823 yang merupakan rumah assiten residen bersamaan dengan pembangunan resimen oleh H.I. Harman.

Assisten residen pertama yang mendiami rumah selebar 27 meter tersebut adalah H.Van Cafferon (1823). Asisten Residen kedua, Van Gaffron (1846) dan Asisten Residen ketiga, Bouwe Jacob Kik (juli 1936).

“Kesulitan utama dalam membangun kembali rumah ini yakni bahan utama bangunan  berupa kayu ulin (Warga Sintang menyebutnya Katu Tebelian) dengan ukuran besar dengan jumlah yang banyak ini bisa menjadi kendala serius bila harus membangun seperti bentuk semula,” katanya.

Baca :Bangunan Bersejarah Terbakar, Jarot Sampaikan Permohonan Maaf

Beberapa faktor yang menyulitkan,lanjut Zulkarnain selain ketersediaan bahan kayu juga dengan masalah perundang-undangan tata niaga kayu yang saat ini cukup ketat.

“ Kami berharap ada dispensasi untuk pembangunan Rumah yang merupakan situs sejarah ini sehingga tidak menjadi kendala dalam pembangunanya,” harapnya.

Pemerintah Kabupaten Sintang, Kata Zulkarnaen akan serius menangani pembangunan Rumah Jabatan Bupati Sintang ini sehingga Ia menargetkan satu tahun pembangunanya selesai dilaksanakan dan siap huni.

Dalam waktu dekat DPRKP akan segera melakukan pembersihan lokasi kebakaran dengan menurunkan sejumlah alat berat ke lokasi.

“ Setelah pihak kepolisian selesai melakukan indentifikasi kebakaran dan police line-nya di buka kami akan segera membersihkan lokasi karena Pak Bupati meminta berbagai pelaksanaan kegiatan 17 agustus dapat dilaksanakan di pendopo,” Tandasnya . (Fik)

Komentar

Detiksaga News