Desa Solam Raya Rawan Banjir, Ini lah Penyebabnya.

 

www.detiksaga.com . SINTANG-Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa( BPD ) Solam Raya, Deden mengungkapkan menurut saya penyebab kebanjiran yang terjadi di Desa Solam Raya,kecamatan Sungai Tebelian ,Kabupaten Sintang, disebabkan oleh drainase yang terlalu kecil dan sangat perlu di normalisasi.jelasnya(13/10/17).

 

“Mengingat setiap curah hujan”, Sambungnya, kapasitas air sendiri yang masuk terlalu besar, mengakibatkan banjir yang tinggi, dimana permasalahan ini pun kami sudah melaporkan ke Dinas terkait bahkan ke Bupati langsung, sampai sekarang pun masih belum ada tanggapan serius mengenai pemecahan masalah yang terjadi di Solam Raya.tungkasnya.

 

“Adapun Solusi yang diberikan, Diarahkan ke kami untuk memanfaatkan dana Desa”, dalam pernormalan drainase sendiri.

 

Lanjut Deden, bagaimana kami bisa menggunakan dana desa, “sementara dana desa yang tersedia tidak mencukupi”, untuk perawatan jalan saja sudah menelan biaya yang besar,pungkasnya.

 

“ Adapun dana Desa seperti dana Stimulan dan aspirasi yang sudah ada programnya yang bisa membantu dan sayangnya desa kami belum pernah dapat seperti itu”, sedangkan untuk desa lain secara terus menerus  bisa dapat setiap tahunnya,”Kok bisa tidak merata”.

 

Sambungnya , sebenarnya permaslahan ini tidak terlalu urgen dan mengingat warga Desa Solam raya adalah salah satu penghasil bibit ikan terbesar yang ada di Kab Sintang, dengan permasalahan seperti ini otomatis petani ikan terkena dampak kerugian cukup besar,disebabkan ikan yang berada di tambak hanyut dan lepas dari kolam tambaknya.jelas Deden.

 

Sekretraris BPD Solam Raya ini mengharapkan Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas terkait dapat lebih responsif dengan permasalahan yang warga kami alami, karena Desa kami juga sebagai obyek pendapatan daerah sendiri.harapnya.(ucok)

 

 

Komentar

Detiksaga News