Sanggar Nasai Akan Tampilkan Naga Sepanjang 23 Meter Keliling Kota Sintang

www.detiksaga.com,  Sintang: Memeriahkan Perayaan Imlek 2023 di Sintang  sanggar Naga Barongsai (Nansai) akan menampilkan atraksi naga keliling kota Sintang. Atraksi ini dinamakan mencuci kota dan jalan.

Ketua Sanggar Nasai Kwee Lay Ciap (Aciap) mengatakan tahun ini ia akan menampilkan naga sepanjang 23 meter, persiapan sudah dilakukan selama 3 bulan sebelumnya dengan melatih para penari dan penambuh gendrang.

“ Hari ketiga perayaan Imlek kami akan keliling kota, Istilahnya mencuci jalanan jangan sampai ada roh jahat yang menyebabkan kecelakaan di jalanan. Harapan kami pengguna jalan diberikan keselamatan dari ganguan terutama yang tidak terlihat oleh mata,” ungkapnya, minggu (22/1/2023).

Aciap berharap pada momentum tahun kelinci air membawa kemakmuran bagi masyarakat Sintang dan secara umum bagi bangsa Indonesia.

“ Semoga Indonesia yang kita cintai ini terbebas dari bencana alam dan mendapatkan rezeki dan kemakmuran yang melimpah,” tambahnya.

Masyarakat Tionghoa percaya jika kelinci adalah simbol umur panjang, kedamaian, dan kemakmuran dalam budaya Tionghoa. Maka dari itu, tahun 2023 diprediksi menjadi tahun harapan.

Menurut legenda China, orang yang lahir di setiap tahun hewan memiliki beberapa ciri kepribadian dari hewan tersebut. Masyarakat Tionghoa percaya bahwa orang yang lahir pada tahun kelinci memiliki sifat waspada, jenaka, berpikiran cepat, dan cerdik. (fik)

Komentar

Detiksaga News