Berjiwa Besar, Wabup Sintang Akui Kesalahan Komunikasi, Selesaikan Masalah Dengan Bijak

www.detiksaga.com,  Sintang: Wakil Bupati Sintang Sudiyanto, SH akhirnya bertemu dengan  Pastor Markus Soje, Pr setelah polemik chat yang beredar dimedia sosial ramai dibicarakan.

Keduanya bertemu di Langkau Kita Rumah Dinas Wakil Bupati Sintang untuk menyelesaikan masalah chat pribadi yang viral dan menimbulkan diskusi di tengah masyarakat.

Keduanya menyatakan sepakat untuk saling memaafkan atas kekhilafan satu sama lain, menyudahi persoalan dan menjalin kerjasama lebih erat untuk kepentingan umat.

“Saya minta maaf atas kekeliruan saya. Ini karena gaya komunikasi saya yang kurang bagus. Saya dan kita semua memang harus belajar dari masalah ini. Kepada hirarki gereja Katolik, saya juga minta maaf. Saya juga ingin bersilaturahmi dengan Bapak Uskup Sintang kalau beliau nanti sudah ada di Sintang. Menurut saya, ke depan lebih banyak hal lain yang perlu kita bahas yang bermanfaat dan bernilai positif untuk masyarakat dan umat,” terang Wabup Sintang

Menurut Sudiyanto, sejak klatifikasi kemarin, pihaknya sudah tidak mau membahas masalah itu. Lebih baik menjalin komunikasi dan kerjasama untuk tujuan yang mulia ke depan.

“Sekali lagi saya minta mohon maaf dan sudah menyita waktu Pastor Markus Soje. Ke depan banyak hal yang bisa kita diskusikan yang lebih bermanfaat. Silaturahmi dan permintaan maaf ini atas kesadaran saya sendiri,” terang Wabup Sintang.

Pastor Markus Soje Pastor Paroki Santa Maria Tanpa Noda Ambalau menyatakan sudah memaafkan semuanya.

“Sebagai seorang pastor dan anggota masyarakat, saya harus memaafkan Bapak Wakil Bupati Sintang. Semua harus kita lupakan dan ambil hikmahnya. Soal vaksin, itu merupakan upaya kita manusia untuk terhindar dari penyebaran covid-19, maka kami para rohaniwan sangat ingin menerima vaksin covid-19,” terang Pastor Markus Soje.

Vikaris Jenderal Keuskupan Sintang RD. Leonardus Miau menyampaikan apresiasi atas silaturahmi, kesepakatan dan saling memaafkan antara Wakil Bupati Sintang dan Pastor Markus Soje.

“Bagi saya sebenarnya ini tidak ada persoalan. Kita semua ingin membangun sesuatu yang baik. Tidak ada satupun manusia yang luput dari kekeliruan. Semua pasti punya niat baik ke depannya. Pertemuan ini penting, supaya tidak ada lagi informasi miring yang menyertai masalah ini, termasuk yang memanasi. Saya  sangat menunggu pertemuan ini dalam rangka menjaga kita semua. Saya tegaskan lagi atas kekeliruan yang terjadi, saat ini sudah tidak ada lagi,” tegas Vikaris Jenderal Keuskupan Sintang RD. Leonardus Miau

Yustinus J Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang menyampaikan bahwa persoalan antara Wakil Bupati Sintang dan Pastor Markus Soje memang harus diselesaikan supaya tidak berkembang.

“ Wakil Bupati Sintang dan Pastor Markus Soje sudah sepakat menyudahi masalah ini dan saling memaafkan, maka orang atau kelompok lain sudah tidak bisa ikut campur lagi. Terima kasih dukungan dari Vikaris Jenderal Keuskupan Sintang. Terima kasih juga kepada Wakil Bupati Sintang yang sudah legowo untuk meminta maaf dan Pastor Markus Soje juga sudah hadir untuk bersilaturahmi dan membuka pintu maaf,” terang Yustinus. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News