Yustinus Sebut Pembangunan Ruko di Bekas Lokasi Kebakaran Jalan Partisipasi Salahi Aturan

www.detiksaga.com, SINTANG: Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Yustinus menegaskan pembanguan kembali ruko yang terbakar di jalan partisipasi kompleks pasar raya Sintang harus dihentikan mengingat pembangunanya diluar izin.

 

“Beberapa waktu lalu telah melakukan rapat bersama Organisasi Perangkat daerah (OPD) terkait mengenai pembangunan kembali bangunan pasar yang terbakar diluar izin karena berada pada jalur hijau contohnya dibantaran jembatan menyalahi aturan tata ruang,” katanya disela- sela peninjuan area parkir jalan pattimura Sintang kawasan pasar sayur junjung Buih Sintang, rabu (3/3/2021).

 

Menurut Yustinus, area ini diperuntukan khusus parkiran walaupun sudah ada bangunan, akan ada penataan kembali minimal ada ruang untuk parkir dibawahnya.

 

“Termasuk di pasar Junjung Buih, tangga dua akan kita kembalikan menjadi tempat perkiran,” Kata Yustinus.

 

Penyempitan badan jalan akibat dijadikan lahan parkir kendaraan roda empat dan roda dua di jalan Pattimura ini memang dikeluhkan warga.

 

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sintang Florensius Kaha menyebut,  bangunan yang sekarang dalam proses pembangunan harus dihentikan karena akan dijadikan pelebaran lokasi parkir.

 

“Kalau dulunya ini tempat parkir lalu disalahfungsikan, kita akan kembalikan fungsinya menjadi tempat parkir karena kami punya tanggungjawab dalam meningkatkan pendapatan asli daerah yang salah satu sumbernya adalah parkir, maka parkir ini akan kita tata dengan baik,” Kata Florensius Kaha.

 

Langkah penertiban bangunan dan lahan parkir ini direspon positif oleh warga, Ijon yang keseharianya bekerja di pasar Raya Sintang mengatakan permasalahan parkir di kawasan pasar sayur perlu penanganan serius, sebab pada pagi hari kawasan ini sering macet.

 

“ Kawasan ini memang harus ditata kembali badan jalan sering dijadikan tempat parkir akibatnya lalu litas sering macet,” ujar Ijon.

 

Pemerintah kabupaten Sintang juga akan melakukan penataan Pasar di Sungai Durian termasuk lokasi yang akan dibangun waterfront. (Tin /fik).

Komentar

Detiksaga News