Jalan Perbatasan Sintang Rusak Berat, Distribusi Kebutuhan Pokok Gunakan Alat Berat

www.detiksaga.com, Sintang: Distribusi kebutuhan pokok ke perbatasan Senaning kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Kalbar harus menggunakan kendaraan yang tidak lazim yakni pengerahan alat berat berupa buldoser mengingat kondisi jalan paralel perbatasan yang rusak berat.
Ketua Kolompok Informasi perbatasan (Kimtas ) Kabupaten Sintang Murjani mengatakan sebelumnya sempat terjadi krisis kebutuhan pokok di Senaning, namun rabu (20/01/2021) distribusi Kebutuhan Pokok sudah tiba di Senaning.
“ Disini gas 3 kilogram saja sudah 80 ribu pertabung,” ungkapnya, rabu (20/01/2021).
Kerusakan Jalan Paralel Perbatasan ini mengakibatkan kelangkaan kebutuhan pokok di Senaning, dan beberapa kebutuhan justeru melonjak naik. Menurut Murjani kondisi ini sudah berlangsung dalam sebulan terakhir, perbaikan pun sulit dilakukan karena kondisi curah hujan yang cukup tinggi.
Menggapi kerusakan jalan ini Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan kerusakan jalan dari kota Sintang ke Senaning terjadi di desa sungai Areh, sementara akses lainya melalui jalan Paralel perbatasan.
“Jalan yang rusak ini merupakan kewenangan pemerintah pusat, namun dalam menanggapi krisis pangan pemkab sudah melakukan pengiriman 10 ton beras, 4 truck gas dan satu mobil tangki solar melalui jalur Balai karangan kabupaten Sanggau,” katanya, kamis (21/01/2021).
Menurut Jarot, Karusakan jalan dibeberapa titik sudah datasi dengan malibatkan perusahaan, dan Ia meminta perusahaan melakukan pengawalan dalam pendistribusian kebutuhan pokok hingga titik akhir. (fik)

Komentar

Detiksaga News