Jalan Paralel Perbatasan Sintang Rusak, Distribusi Logistik Lewat Sanggau

www.detiksaga.com, Sintang: Ketua Kelompok Informasi Perbatasan (Kimtas) Kabupaten Sintang Murjani mengatakan pengiriman elpiji subsidi, BBM dan beras dari pemerintah Kabupaten Sintang untuk masyarakat perbatasan saat ini harus melewati Balai Karangan Kabupaten Sanggau mengingat jalan dari Sintang tidak dapat dilalui.
“ Saya dengar informasinya baru sampai sekadau, “ katanya saat dihubungi via selulernya selasa (19/01/2020).

Akibat curah hujan tinggi kerusakan jalan paralel perbatasan ini sempat melumpuhkan ekonomi masyarakat di Senaning kecamatan Ketungau Hulu.
“ Bahkan kalau hari ini tidak datang BBM dari PLN, maka besok listrik sudah tidak menyala,” kata Murjani.

Ia juga mengatakan Camat Ketungau Hulu telah meminta pihak perusahaan Sawit (disekitar oprasi ketungau Hulu) untuk membantu melakukan pengawalan dengan alat berat distribusi logistik yang masuk ke Ketungau Hulu.

“ Kerusakan ini berada di daerah sungai Lunjung, dan sudah hampir sebulan, karena curah hujan tinggi maka tidak dapat diperbaiki, harapan kita sembako, BBM dan Elpiji dapat tiba hari ini,”tambahnya.

Menurut Murjani dalam kondisi tidak normal seperti ini harga Elpiji 3 kilogram di Ketungau hulu mencapai 60 hingga 80 ribu pertabung, sementara saat kondisi normal saja harganya antara 40 hingga 50 ribu rupiah.

Sementara itu, Kodim 1205 Sintang mengerahkan kendaraan truck untuk mengangkut beras ke daerah perbatasan Ketungau Hulu yang saat ini kesulitan memenuhi berbagai kebutuhan pokok akibat rusaknya jalan.

Dandim 1205/Sintang, Letkol (Inf) Eko Bintara Saktiawan mengatakan Ini adalah bentuk sinergis antara Pemerintah Kabupaten Sintang dengan TNI dalam mengatasi persoalan di daerah perbatasan.

Pemerintah Kabupaten Sintang, bekerjasama dengan Pertamina Wilayah Kalbar, mendistribusikan sebanyak 2.200 tabung elpiji tiga kilogram, BBM premium dan kebutuhan pokok bagi masyarakat Senaning, Kecamatan Ketungau Hulu. 2.200 tabung tiga kilogram tersebut dikirim dengan menggunakan empat truk. (fik)

Komentar

Detiksaga News