Pra RAT Ditengah Pandemi, Kenaikan Aset CUKK Mampu Lampaui Target

www.detiksaga.com, SINTANG : Kendati kondisi pertumbuhan ekonomi nasional mengalami penurunan akibat Pandemi Covid-19, namun Credit Union Keling Kumang (CUKK ) justeru mampu membukukan kenaikan aset 100,34 persen dari  target.

Dalam Pra Rapat Anggota Tahunan (Pra RAT) CUKK  Area II, Senin (11/01/2021) Chief Executive Officer CUKK Valentinus mengatakan CUKK  menargetkan pertumumbuhan aser sebesar Rp. 1.608,540 miliar, realisasinya mencapai Rp. 1.612,305 miliar.

“Selaim itu, sepanjang tahun buku 2020 ada penambahan anggota sebanyak tujuh ribu orang lebih. Terhitung bulan Desember 2020 lalu,  dengan demimikian saat ini CUKK sudah mencapai 187.013 anggota ini menandakan CUKK semakin dipercaya oleh masyarakat,” kata Valentinus.

Pra RAT yang  dilaksanakan secara Daring ini  merupakan yang pertama kalinya, Pra RAT kali ini dilaksanakan untuk  Area-II yang membawahi 10 branch office (BO), kehadiran setiap BO hanya diwakili oleh 3-4 orang anggota.

“Sambutan Penasihat CUKK Munaldus pun disampaikan melalui rekaman vidio dan slide. Sesuai dengan tema Pra RAT,” tambahnya.

Tema Pra RAT kali ini yakni : Menghadapi Revolusi Industri 4.0 Ditengah Pandemi. Menurut Valentinus pada saat Pandemi seperti ini banyak kendala dihadapi, rapat-rapat dan evaluasi terpaksa dilakukan secara Daring. Maka, menghadapi Revolusi Industri 4.0, CUKK terus menerus dilakukan peningkatan Sumber Daya Manusia, peningkatan IT, pelayanan ATM tanpa kartu, dan pelayanan mobile.

Pra RAT kali ini juga dilakukan berbeda dari kondisi normal, Pra RAT dilakukan hanya di tujuh tempat saja, sesuai dengan jumlah area pelayanan. CUKK memiliki tujuh Area pelayanan yang masing-masing dipimpin oleh Area Manager.

Pada Pra RAT Area II ini ada 10 buah BO, yaitu BO Kantor Sentral, BO Kelam, BO Nanga Mau, BO Mentunai, BO Tebidah, BO Binjai, BO Kedembak Air Tabun, BO Merakai, BO Pintas Keladan dan BO Senaning.

Dampak pandemic covid-19 ini dirasakan oleh semua lembaga yang melayani keuangan, baik swasta maupun BUMN.

Ketua Dewan Pengurus  CUKK , Mikael yang juga Ketua Pengurus Puskopdit Khatulistiwa yang beranggotakan tujuh CU Primer, mengakui beratnya kendala di masa pandemi ini.

“Program Kerja 2021 akan disahkan saat RAT Konsolidasi pada 27 Maret 2021 mendatang, kami juga telah menyusun rencana strategis untuk lima tahun kedepan sebagai landasan. Selain itu dilaporkan juga bahwa di tahun 2021 ini, akan ada suksesi Pengurus dan Pengawas,” katanya.

Dalam Pra RAT ini juga terungkap Hasil audit eksternal CUKK yang memperoleh opini Wajar Tanpa Pengecualian. Acara ini Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan UKM Kabupaten Sintang Sudirman, para mitra dan para undangan dari kelompok perbankan. Dewan Pengurus dan Pengawas, Manager Area-II, para Manager BO. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News