Cegah Cluster Pemerintahan, Para Kepala OPD di Sintang Ditest Swab

www.detiksaga.com, Sintang: Tim Gugus Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang melakukan test Swab seluruh kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sintang di halaman kantor Bupati Sintang, Senin (5/10/2020).

Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang Florentinus Anum mengatakan langkah ini dilakukan untuk mencegah adanya cluster ASN dilingkungan pemkab Sintang.

Menurutnya pencegahan Covid-19 harus dilakukan serius mulai dari aparatur pemerintah yang memberikan layanan public.

“ Pandemi Covid-19 ini perlu upaya menangkal dan memutus mata rantai penyebaranya, kami telah menyasar  beberapa komunal, karena adanya gejala di beberapa cluster BUMD, BUMN, dalam mencegah adanya hal tersebut kita lakukan Test swab,” katanya Senin (5/10/2020).

Selain dilakukanTest swab pihaknya juga mengeluarkan edaran  agar masyarakat  menaati protocol kesehatan dengan menghindari kerumunan, mencuci tangan dan selalu menggunan masker ditempat umum.

Diselal sela kegiatan test swab Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr Harisinto lynoh mengatakan test swab ini mencegah terjadinya cluster pemerintahan, Test swab ini bukan hanya sebatas eselon II tapi juga akan dilakukan pada eselon III dan IV hingga staf.

“ Ini merupakan proses screening, atau penjaringan  karena banyak Covid-19 tidak bergejala, sehingga  kami tidak mau ada kepala OPD yang tertular covid dan menularkan ke stafnya di kantor,” katanya.

Test swab kata Sinto ini sesuai intruksi Gubernur Kalimantan Barat dan Bupati Sintang, Penjaringan ini langsung dilakukan  tidak melalui rapid test  karena kata Sinto, Ia ingin mendapatkan keakuratan dan tidak melakukan kerja dua kali sehingga bila ada yang terjaring maka dapat langsung dilakukan tindakan Isolasi.

Dalam penjaringan ini, Assisten bidang pemerintahan Yasser Arafat dan  Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan dan Sumber Daya Manusia (BKP SDM) Palentinus langsung mengawal dengan menelpon para kepala OPD untuk datang ke halaman kantor Bupati dan langsung di data, untuk yang menolak para Kepala OPD setengah dipaksa untuk melakukan Test swab.(fik)

 

Komentar

Detiksaga News