Asap Masuk Ruangan, Tiga Jam Seluruh Pasien RSUD di Evakuasi Keluar

www.detiksaga.com,  Sintang: Pasien yang sedang dirawat di Rumah Sakit Ade M Joen Sintang harus dievakuasi keluar ruangan menyusul banyaknya asap yang masuk akibat kebakaran tujuh ruko di jalan partisipasi pasar inpres Sintang yang bersebelahan dengan Rumah Sakit, Kamis (1/10/2020) malam.

Direktur RSUD AM Djoen Sintang dr Rosa Trifina mengatakan  seluruh pasien dilakukan evakuasi terutama yang berasal dari ruangan bayi, penyakit dalam, VIP, kebidanan, bedah dan ICU.

“Kami memutuskan melakukan evakuasi karena lokasi kebakaran yang sangat dekat dengan rumah sakit, kami melakukan antisipasi. Memang protapnya begitu kalau terjadi kebakaran, pasien kami kumpulkan di titik kumpul di halaman parkir rumah sakit, Tadi semua pasien memang kita evakuasi ke Halaman Kantor Bupati Sintang. Jadi sekitar 3 jam seluruh pasien berada di Halaman Kantor Bupati Sintang,” katanya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sintang Bernard Saragih menyampaikan bahwa musibah kebakaran yang lokasinya sangat dekat dengan rumah sakit membuat tindakan evakuasi memang harus dilakukan.

“Saya memberikan apresiasi kepada manajemen rumah sakit yang sudah mengevakuasi semua pasien ke halaman Kantor Bupati Sintang ini. Perintah Penjabat Bupati Sintang dan Ibu Sekretaris Daerah kepada kami agar membangun tenda darurat di Halaman Kantor Bupati Sintang jika diperlukan. Dan jika kebakaran tidak mampu dikendalikan dan asap yang mengganggu,” katanya.

Sebelumnya Kebakaran hebat  menghanguskan sejumlah Ruko di kawasan pasar Inpres, Jalan Partisipasi, Kelurahan Tanjung Puri, Kecamatan Sintang, Kamis (1 /10/2020) petang.

Api membumbung cukup besar, beberapa ledakan keras terjadi ,  sedikitnya ada 7  toko yang terbakar  diantaranya menjual barang kelontong, percetakan, barang barang elektronik, serta toko emas.

“Terdengar berkali kali suara ledakan dari lokasi kebakaran,” ujar warga Udin yang menyaksikan kebakaran. (fik)

Komentar

Detiksaga News