BPP Sintang: Usulan Perubahan Status Jalan Strategis Nasional Belum Terealisasi

www.detiksaga.com,  Sintang: Badan Pengelola Perbatasan (BPP) Kabupaten Sintang mendorong pemerintah pusat segera merealisasikan jalan provinsi maupun jalan kabupaten dari simpang Korem Sintang menuju Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di sungai kelik Ketungau Hulu menjadi jalan strategis nasional.

Kepala BPP Kabupaten Sintang Andon, SH mengatakan penentuan status jslsn ini sangat penting mengingat, jalan menuju titik nol perbatasan saat ini ada yang merupakan tanggung jawab kabupaten ada pula yang menjadi tanggung jawab provinsi.

“Beberapa ruas parsial yang diajukan adalah Simpang Yosep sampai semubuk, dari Sembuk sampai Pintas keladan, selanjutnya dari Simpang mengerat ke Merakai, dari Merakai hingga Seputau tiga, dan dari Seputau Tiga hingga Sungai Kelik sehingga lingkaran ini menjadi jalan Strategis Nasional,” ungkap Andon.

Andon memperkirakan total panjang jalan ini hampir 300 Kilometer, penetapan status ini dinilai penting mengingat kemampuan keuangan provinsi dan kabupaten dalam penanganan jalan ini sangat tidak mungkin.

“Selain itu karena adanya PLBN dan menjadi batas Negara, jelas ini menjadi kewenangan pusat maka ini harus segera di bangun juga bukan hanya sekedar PLBN nya, akses dari ibu kota kabupaten juga harus sudah diprioritaskan,” tambah Andon.

Saat ini, prosesnya telah melalui kajian di Kementrian PU tinggal menunggu penetapan saja, usulanya sendiri sudah dilakukan  sejak tahun 2006, setidaknya ada 7 surat Bupati 2 surat Gubernur  sudah dilayangkan pada pemerintah pusat meminta penetapan jalan tersebut.

“Respon positif pemerintah pusat sudah terlihat setelah adanya penentuan pembangunan PLBN di Sungai Kelik, sebab PLBN tidak ada fungsinya bila akses jalan dari Ibu kota kabupaten masih belum jelas,” tutup Andon. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News