Antusias Warga Sintang Berkurban Meningkat

www.detiksaga.com, Sintang: Lebih dari seribuan umat muslim di Sintang melaksanakna Sholat Idul Adha dilapangan Satria jalan Satria depan Makodim  1205 Sintang, jumat (31/7/2020).  Pelaksanaan Sholat  dilaksanakan  secara normal tanpa membuat jarak fisik kendati demikian umat yang hendak memasuki lapangan disiapkan tempat cuci tangan dan diharuskan mengenakan masker.

Sebelum pelaksanaan Sholat Bupati Sintang Jarot Winarno menyampaikan beberapa informasi tentang penanganan covid-19 di Sintang dan kebijakan pemerintah terkait pelonggaran  kegiatan  di tempat umum.

“ Kami ingin selalu mengingatkan umat muslim, meskipun saat ini telah dikeluarkan edaran tentang pelaksanaan Ibadah wajib diperbolehkan dilaksanakan berjamaah di masjid dan Surau, namun kejadian Luar biasa Covid-19 belum berakhir,” Kata Jarot, jumat (31/7/2020)

Di kabupaten Sintang saat ini kata Jarot dari konfirmasi Covid-19, 30 orang seluruhnya telah sembuh tapi tidak mengendurkan semangat untuk terus melakukan pencegahan dengan melakukan penelusuran, dan selalu mengenakan masker, mencuci tangan dan tetap menjaga jarak.

“ Ini sholatnya ternata tidak menjaga jarak,” kata jarot.

Jarot juga menyampaikan  rasa syukurnya karena dalam kondisi seperti ini umat muslin  di Kabupaten Sintang masih dapat berbagi,  dari laporan yang Ia terima di Sintang  hewan Kurban yang di sembelih dan di bagikan pada masyarakat yang berhak ternyata lebih banyak dari biasanya.

Sekretaris PHBI Kabupaten Sintang Muslimin menyatakan banyaknya umat yang melaksanakan sholat di lapangan Satria diluar dugaan, namun Ia mengatakan kehadiran umat Islam di lapangan ini semoga tetap dilindungi Allah dengan tidak menggabaikan protokol kesehatan.

“ Ini diluar prediksi kami, Antusias umat luar biasa, semoga tetap dibarengi protokol kesehatan,” ungkapnya.

Sementara jumlah hewan Kurban yang di laporkan ke Dewan Masjid Indonesia kabupaten Sintang kata Muslimin, jauh lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya, Ia juga mengatakan sebagian besar pemotongan akan dilakukan hari sabtu dan minggu mengingat pada hari jumat watunya relatif pendek karena harus melaksanakan sholat Jumat.

Petugas Sholat Ied di lapangan Satria Sintang, Bertindak selaku Imam Ust Gufron dan Khatib Imam Barnawi serta Bilal Zam Hadimi. ( Fk)

 

Komentar

Detiksaga News