Banjir Genangi Sejumlah Ruas Jalan di Sintang

wwww.detiksaga.com, Sintang: Sejumlah jalan di kota Sintang tidak dapat dilalui kendaraan akibat debit air banjir yang terus meningkat. Hingga jumat  (17/7/2020) genangan air luapan dari sungai kapuas dan Melawi terus naik yang menyebabkan jalan dara Juanti kelurahan Menyumbung Tengah  (Menteng) kecamatan Sintang  tidak dapat dilalui.

Lurah Menteng Fauzan mengatakan, saat ini warga terpaksa membuat jembatan darurat untuk dapat dilalui pejalan kaki dan roda dua.

“Ini merupakan inisiatif warga membuat jembatan kayu, warga yang melaluinya dipersilahkan memberikan sumbangan Rp2000 – Rp5000 untuk satu  kali lewat,” ungkapnya jumat (17/7/2020).

Belum ada perahu karet yang disiapkan pemerintah, sehingga warga menyiapkan secara mandiri. Fauzan juga mengatakan Puskesmas dara Juanti saat ini sudah sulit diakses warga sehingga petugas membangun dua posko yakni di depan Masjid ujung jembatan dan di kawasan Musium dara juanti.

Pihak kelurahan juga telah mengusulkan bantuan pada Badan Penaggulangan Bencana Daerah  untuk 2 ratus lebih Kepala Keluarga yang terdampak .

“Beberapa Bantuan sudah diterima seperti dari Polres Sintang namun jumlahnya belum mencukupi warga terdampak,” ungkapnya.

Kawasan lain di kecamatan Sintang yang terdampak  banjir saat ini seperti di Kelurahan kapuas Kanan Hilir, Kapuas Kiri Hulu, Masuka, kelurahan Alai, Kelurahan Ladang, Sungai Durian, dan sebagian diwilayah Baning kota terutama daerah di daerah pesisir sungai Melawi dan kapuas. ( fik)

 

Komentar

Detiksaga News