Ini Persyaratan Yang Harus Disiapkan Untuk Perjalanan Masa Tatanan Kehidupan Baru

www.detiksaga.com,  Sintang: Sintang: Pemerintah melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 7 Tahun 2020. Surat ini mengatur kriteria dan syarat perjalanan orang di masa adaptasi pada Tatanan Kehidupan Baru

SE ini merupakan panduan perjalanan orang dalam masa adaptasi  dalam Tatanan kehidupan baru menuju kehidupan produktif dan aman Covid-19.

Setiap individu yang melakukan perjalanan orang dengan transportasi umum darat, perkeretaapian, laut dan udara harus memenuhi persyaratan.

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas perhubungan Kabupaten Sintang Marwan mengatakan untuk perjalanan dalam negeri masyarakat minimal memenuhi tiga point persyaratan seperti Identitas (KTP), Surat Hasil Rapid Test dan Surat Keterangan dari dinas Kesehatan.

“ Khusus perjalanan  ke Luar negeri memerlukan keterangan hasil PCR, untuk dalam negeri cukup rapid tes,” Kata Marwan, rabu (17/06/2020).

Diakui Marwan banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi ini sempat dikeluhkan masyarakat mengingat warga harus banyak mengeluarkan biaya untuk perstyaratan perjalanan.

“ Dinas perhubungan kabupaten Sintang tidak menerbitkan surat keterangan tersebut melainkan tim gugus seperti Dinas kesehatan dan pihak otoritas bandara,” tambahnya

Namun menurut Marwan ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi dan salah satu upaya pengendalian penyebaran covid-19.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Harysinto Linoh mengatakan sesuai Perbup Dinas Kesehatan menerapkan tarif Rp350.000 untuk rapid test

“Rapid test tidak hanya dapat dilakukan di Dinas Kesehatan saja di klinik swasta juga dapat dilakukan namun masalah tariff mungkin berbeda,” ungkapnya.

Sementara Pendatang yang telah melakukan perjalanan dari luar negeri wajib melakukan karantina selama hasil tes PCR mereka belum keluar.

Karantina dilakukan selama menunggu hasil tes ditempatkan di tempat khusus yang disiapkan pemerintah.

Meski begitu, para pelaku perjalanan ini bisa melampirkan hasil tes PCR dengan hasil negatif di dokumen perjalanan mereka.

Pemeriksaan tes PCR untuk perjalanan orang dari luar negeri ini dikecualikan pada Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang tidak memiliki peralatan PCR. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News