Sintang Memerlukan PCR Untuk Percepatan Tangani Diagnosa Covid-19

www.detiksaga.com,  SINTANG: Lambanya hasil pemeriksaan swab yang di kirim ke Jakarta dan Pontianak menjadikan kendala tersendiri dalam melakukan tindakan pencegahan covid-19 di Sintang. Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan standar pemeriksaan memang harus dilakukan dengan golden standar menggunakan Polymerase Chain Reaction (PCR).

“ Kelamahan kita memang disini, terlalu lama kita mengunggu hasil swab, makanya saya meminta Dinas kesehatan melakukan komunikasi dengan tim gugus nasional dan provinsi agar meletakan satu PCR di Sintang yang dapat melayani lima kabupaten diwilayah timur Kalbar,” ungkap Jarot Winarno.

Bila memang tidak mendapatkan bantuan pusat, kata Jarot perlu segera melakukan telaah staf agar dibeli melalui APBD, mengingat PCR ini untuk memudahkan penanganan kasus corona.

“Selama ini dalam penanganan kasus Covid-19 terhambat karena lamanya menunggu hasil swab, “ tambahnya.

Sementara Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang telah menyiapkan telaah staf dan akan disampaiakan pada Bupati dan Sekda Sintang. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Hary Sinto Linoh mengatakan pihaknya juga telah mengirimkan Email ke tim Gugus Provinsi dan Kementrian Kesehatan RI agar meminta PCR.

“Sebab kita melihat tim Gugus Tugas Nasional dapat memberikan bantuan mobil PCR ke beberapa daerah, makanya kita juga minta di Sintang satu unit saja,” ungkapnya.

Dalam kondisi New normal peralatan ini tetap diperlukan untuk mendiagnosa apakah pasien terkena corona atau bukan dengan demikian dapat memperkirakan berapa jumlah kasus corona di Sintang sesuai waktunya.

“ Contohnya enam orang yang hasil swabnya positif ini, kan swabnya dilakukan rata-rata 20 hari lalu, hasil swab keluar kondisi 20 hari lalu maka kondisi saat ini tidak tahu maka kita memerlukan PCR,” tutupnya. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News