Ketua DPRD Sintang Sampaikan Keprihatinan Perayaan Idul fitri Ditengah Pandemi

www.detiksaga.com, SINTANG: Ketua DPRD Sintang, Florensius Ronny menyampaikan keprihatinannya atas pandemic covid-19 yang telah membuat masyarakat tidak merasa leluasa  saat beribadah di bulan ramadhan maupun dalam perayaan Idul fitri kali ini.

Pandemi covid 19 telah mengubah rencana banyak orang, bahkan di daerah yang berada di zona merah, Sholat Ied hanya boleh dilakukan di rumah.

“Hari Idul Fitri merupakan hari kemenangan bagi umat Muslim,  pada hari biasa umat berbondong-bondong melaksnakan sholat Ied bersama di lapangan-lapangan dan tempat terbuka lainnya yang biasanya dilanjutkan dengan acara kumpul keluarga dan masyarakat, namun tahun ini dilakukan dengan cara yang berbeda,” ungkap Ronny, Kamis (21/05/2020).

Ketua DPRD termuda se Indonesia ini menyampaikan ucapan selamat hari raya Idul Fitri 1441 H kepada seluruh  umat muslim se-Kabupaten Sintang.

“Atas nama Pribadi dan Keluarga saya menyampaikan permohonan maaf lahir dan batin, Mari kita pererat silahturahmi keluarga dengan tetap jaga jarak dan menggunakan masker,” Ucap Ronny.

Untuk mencegah penularan covid-19, Ia juga mengajak  kepada masyarakat yang akan  menjalankan ibadah Sholat Ied berjamaah, agar mematuhi protokol kesehatan yang telah dihimbau oleh pemerintah.

“Sejumlah Ormas Islam, Muhammadiyah, NU,MUI.PHBI dan Kemenag sudah menyepakati mengenai beberapa aturan dalam peringatan dan perayaan idul fitri di Sintang ini, diantaranya tidak melakukan takbiran keliling kampung.  Masjid harus melakukan penyemprotan disinfektan untuk kelengkapan sholat, menyediakan sarana cuci tangan. Saat bersilahturahmi tetap dengan menjaga jarak, ,” Himbaunya. (fik)

Komentar

Detiksaga News