DMI Sintang Himbau Tidak Laksanakan Pawai, Gemakan Takbir Cukup di Masjid

www.detiksaga.com, SINTANG- Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sintang H. Senen Maryono menghimbau untuk menggemakan takbir di setiap masjid ketika bilangan puasa telah digenapkan.

“Setelah genap bilangan puasa, bertakbirlah mengagungkan nama Allah di setiap Masjid, sesuai himbauan pemerintah yang dihadiri ormas Islam dan Forkopimda tidak ada takbir keliling dengan menggunakan pawai kendaraan roda dua maupun roda empat di Sintang,” katanya, rabu (20/05/2020).

Untuk Itu Senen Maryono mengatakan jangan sampai ada kelompok kelompok tertentu yang malakukan pawai, Masyarakat dihimbau untuk patuh terhadap protokol kesehatan untuk pencegahan penyebaran virus Corona.

“ Bersyukur kepada Allah tidak harus bereforia dengan kendaraan yang ramai dengan keliling kota,” tambahnya.

Dalam menyemarakan Malam Takbir, kata Senen, Bupati dan Forkopimda akan menggunakan kapal Jubair dengan  melewati jalur sungai namun hanya dibatasi sekitar 50 orang saja, jalur sungai ini menurut Senen Maryono mayoritas masyarakat muslim.

Sementara Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan takbir keliling tidak dizinkan, karena hal itu dapat berpotensi menyebabkan kerumunan masyarakat yang menyebabkan penyebaran transmisi penyakit.

“Kita ganti dengan takbir keliling menggunakan Sampan Bidar Pelangi Jubair, kita pakai itu, akan berkeliling sepanjang tepian sungai ini berapa kali, sehingga tidak mengurangi kemeriahan,” Kata Jarot.

Untuk tradisi meriah karbit di perbolehkan asal tetap menerapkan protokol jaga jarak, karena sering saat malam takbiran dirinya juga menyulut meriam karbit dan letaknya rapat.

Ia meminta bila ada yang menyulut meriam karbit harus diatur jarak antara meriam yang satu dengan yang lainnya, selain itu jarak manusianya juga diatur dan tetap menggunakan masker. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News