Cek BST, Warga Membludak di Kantor Pos Sintang

Sintang: Ratusan warga kecamatan Sintang Kalimantan Barat mendatangi Kantor Pos  di jalan S. Parman Sintang guna memastikan nama mereka tercantum sebagai  penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial Republik Indonesia, rabu (13/05/2020) pagi.

Manager Pelayanan Kantor Pos Persero Cabang Sintang Alan Yudiniarso menjelaskan, membludaknya masyarakat ke kantor pos Sintang sempat membuat petugas kerepotan, warga yang datang mencapai ratusan sehingga membuat suasana riuh, kebanyakan mereka mempertanyakan apakah namanya tercantum sebagai penerima BST.

Kantor Pos Sintang sendiri  bertugas menyalurkan BST 11. 269 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), khusus untuk kecamatan Sintang terdapat sekitar 8 ribu KPM yang disalurkan, dan ini merupakan kecamatan terbanyak di kabupaten Sintang.

“Sebenarnya kita sudah menjadwal per kelurahan agar mereka datang tidak serentak seperti ini untuk memudahkan penelusuran, namun iformasi yang beredar sangat cepet sehingga jadwal ini tidak berlaku lagi mereka spontan menyerbu kantor pos untuk mengecek apakah mereka menerima BST atau tidak,” Kata Alan Yudiniarso.

Seharusnya kata Alan penerima data awal ini pihak lurah desa atau RT/RW setempat dan mensosialisasikan pada masyarakat sehingga pengaturanya agak lebih mudah, namun hingga saat ini masyarakat datang langsung ke kantor Pos.

“ Kita sempat kerepotan juga tapi kalau mereka terdata namanya ada langsung diproses,” katanya.

Alan juga mengatakan lebih dari 60 persen masyarakat yang datang namanya tidak terdata di kantor pos, memang base data ini berasal dari kemensos, kantor pos hanya penyaluran saja.

Sejumlah warga yang datang sempat menyatakan terdata di kantor pos namun ada beberapa kelurga terdata di tempat pengambilan lain yakni di beberapa perbankan.

Keluarga penerima manfaat yang  mengambil bantuan ini cukup membawa KTP asli, dan KK Asli jika yang bersangkutan berhalangan misalnya sedang sakit atau bahkan nama terdaftar telah meninggal dunia,  dapat diahliwariskan kepada keluarga yang masih satu kartu Keluarga dengan menyerahkan KK dan KTP Asli. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News