Hari Jadi Sintang, Ditengah Keprihatinan Bupati Sampaikan Semangat Optimisme

www.detiksaga.com , Sintang: Peringatan hari jadi kota Sintang ke 658 yang jatuh pada 10 mei 2020 ini dilaksanakan dalam kondisi keprihatinan mengingat saat ini pandemic covid-19 masih terjadi di kabupaten Sintang yang telah  memasuki masa transmisi local.

Dalam Pidato peringatan Hari jadi kota Sintang  Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan korban covid-19 hingga saat ini masih cukup memprihatinkan. Di kabupaten Sintang ada 2 orang positif covid-19,  27 orang dalam pemantauan dan 175 orang tanpa gejala.

“ 10 mei 2020 merupakan hari jadi kota Sintang dari momentum Hijrah Zubair Irawan I dari sepauk ke Sintang yang sekarang berada di Keraton Almukaramah Sintang. Tema hari jadi Kota Sintang kali ini yakni BERGEMA yaitu Bergerak maju bersama, tema ini menginsipirasikan untuk bersatu bersama memajukan kota Sintang,” Papar Jarot, Minggu, (10/05/2020).

Ia juga menyampaikan perubahan Global saat ini ditandai dengan 3S yakni Speed, Surprise, dan sudden shift, yaitu Kecepatan, Kejutan dan Pergeseran tiba-tiba menuntut masyarakat Sintang mampu mepersiapkan kota Sintang menjadi titik temu pertumbuhan maksimal, nilai-nilai keraifan lokal dan nilai kelestarian lingkungan hidup yang berkelanjutan.

“ Dengan tiga nilai besar ini, Sintang mampu menampung seluruh dinamika kota sehingga menjadi citra kemajuan kabupaten Sintang dalam lingkup Regional, Nasional hingga Internasional,” kata Jarot.

Meski peringatan hari jadi kota Sintang tahun ini tidak dilaksanakan dalam kegiatan seperti tahun sebelumnya namun kata Jarot semangat warisan Zubair Irawan I mampu membawa perubahan pundamental dalam nilai- nilai kebersamaan untuk mengaktualisasikan diri dan berkarya.

“ Covid-19 memberikan pelajaran berharga bagi kita semua, untuk mendorong semakin dekat dengan keluarga dan menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta mampu semakin memupuk solidaritas socsal sesama anak bangsa terlebih di bulan ramadhan seperti ini,” tambahnya.

Jarot juga menyatakan Covid-19 harus dijadikan optimisme untuk terus bergerak maju bersama membangun Sintang semakin baik. Tantangan musuh yang tidak terlihat ini harus melahirkan optimism seperi yang diwariskan Zubair Irawan I, Kota Sintang untuk kita semua dan bergerak maju bersama. (fik)

TONTON VIDIO : HARI JADI KOTA SINTANG 2020, HARAPAN DITENGAH KEPRIHATINAN

Komentar

Detiksaga News