Faktor Cuaca, Petani Perbatasan Sintang Gagal Panen

www.detiksaga.com,  Sintang:Para petani di perbatasan Wilayah Kecamatan Ketungau Hulu Kabupaten Sintang Kalimantan Barat  mengalami gagal panen.

Warga Perbatasan Manda yang juga petani mengatakan terjadi penurunan produksi hingga 80 persen. Kondisi ini  menyebabkan stok beras untuk kebutuhan selama satu tahun tidak terpenuhi sehingga harus membeli beras untuk memenuhi kebutuhan konsumsi keluarga hingga musim tanam berikutnya.

“Musim gagal panen seperti ini kami harus menyiapakan anggaran untuk membeli beras karena panen ini hanya cukup untuk beberapa bulan kedepan”. Kata Manda, Senin (20/04/2020).

Sementara, Camat Ketungau Hulu Jamhur, membenarkan hampir seluruh Desa di Kecamatan Ketungau Hulu mengalami gagal panen akibat perubahan cuaca.

Hasil panen yang masih tersisa hanya cukup untuk bertahan dua hingga tiga bulan kedepan.

“Saya belum mendapatkan laporan lain penyebab gagal panen di Kecamatan Ketungau Hulu selain disebabkan oleh factor cuaca,” Kata Jamhur.

Dikatakan Jamhur mayoritas masyarakat di Wilayah perbatasan menggantungkan hidup dari pertanian, padi maupun jenis sayur mayur, sayur mayur ini biasanya dijual kembali untuk membeli jenis kebutuhan lainnya. (Tn/Fk)

Komentar

Detiksaga News