Reaktif Saat Rapid Tes, ODP di Kapuas Hulu Tidak Menderita Pneomoni

www.detiksaga, Putussibau: Seorang Orang Dalam Pantauan (ODP) dari Puskesmas Kecamatan Batang Lupar, daerah perbatasan Indonesia – Malaysia wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat harus dirujuk ke Rumah Sakit Ahmad Diponegoro Putussibau, untuk pemeriksaan lebih lanjut menyusul hasil rapid tes yang menyatakan Re-aktif (Positip).

Ketua Posko Komando dan Pusat Informasi Covid-19 Kabupaten Kapuas Hulu Ade Hermanto mengatakan satu pasien dari Puskesmas Batang Lupar dari desa Mensiap berusia 54 tahun dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Ahmad Diponegoro Putussibau, mengingat hasil Rapid tes sementara pasien Reaktif COVID – 19 dengan gejala demam batuk.

“ Pasien dari dua minggu yang lalu telah menderita demam dan batuk mengeluarkan darah, dan pembengkakan kelenjar bening, setelah berobat selama dua minggu di puskesmas belum ada perkembangan selanjutnya dilakukan rapid test dan re-aktif  artinya ada anti gen dan antibody virus ditubuhnya, selanjutnya pasien dirujuk ke Rumah sakit Ahmad Diponegoro Putussibau,” ungkapnya melalui sambungan seluler, senin (13/04/2020).

Menurut dia, di Rumah Sakit Putussibau, pasien tersebut  dilakukan pemeriksaan darah rutin dan foto ronsen torax dan paru-paru dari hasil pemeriksaan itu sudah keluar,  hasil pemeriksaan paru menunjukan pasien tidak menderita pneomoni, dia hanya menderita diabetes melitus sehingga pasien tidak dirujuk ke Sintang namun di Rawat di RSUD Ahmad Diponegoro Putussibau.

“ Pasien  tidak ada riwayat perjalanan kontak dengan penderita covid-19 positif, dan tidak keluar negeri, atau daerah transmisi local covid-19, kondisi pasien masih dirawat di RSUD dengan standar penangan covid-19 diruang isolasi,” tambah Ade.

Dalam beberapa hari ini kata Ade, akan ada tim dari dinas kesehatan provinsi Kalimantan barat untuk pengambilan swab untuk di kirim ke Litbangkes Jakarta.

Saat ini  Pasein masih dalam status ODP, apabila nanti pasien tersebut harus di rujuk ke rumah sakit Sintang makan akan berubah menjadi Pasien Dalam Pantauan (PDP).// (fik)

Komentar

Detiksaga News