Warga Perbatasan Alami Kelangkaan Kebutuhan Pokok

www.detiksaga.com, Sintang: Empat belas desa di wilayah Perbatasan kabupaten Sintang mulai sulit mendapatkan bahan kebutuhan pokok. Ketua Kelompok Informasi masyarakat perbatasan Murjani mengatakan bukan masalah harganya namun barangnya yang tidak ada.

Kondisi ini disebakan masyarakat yang biasa mendapatkan pasokan kebutuhan pokok dari Malaysia tidak dapat lagi mendapatkan kebutuhan pokok mengingat Malaysia saat ini sudah melakukan lock down wilayah.

“Sebelumnya saya sampaikan selamat Hari Raya Paskah bagi umat yang merayakanya, ditengah kondisi sulit saat ini, Masyarakat perbatasan biasanya mendapatkan kebutuhan dari negara tetangga namun saat ini warga lebih memilih berdiam diri di rumah setelah Malaysia melakukan Lock down, warga pun tidak dapat menjual hasil panen ke Negara tetangga Malaysia,” katanya minggu, (12/04/2020).

Dari monitoring harga barang terakhir sebelum menghilang di pasaran gula pasir di jual dengan harga Rp25.000 hingga Rp30.000 perkilogramnya, Telor ayam melonjak menjadi Rp3.000 perbutir, Minyak goreng pada kisaran Rp18.000 hingga Rp20.000 kilogramnya sementara harga dan ketersedian  beras masih dalam kondisi normal.

Murjani berharap ada langkah kongkrit yang dilakukan pemerintah dalam mengatasi masalah ini dengan mengirimkan pasokan kebutuhan pokok dari Indonesia mengingat saat ini masyarakat mulai kesulitan mendapatkan kebutuhan pokok.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kabupaten Sintang Drs. H. Sudirman menyatakan pihaknya akan segera berangkat ke perbatasan guna melakukan Operasi Pasar khusus di daerah perbatasan.

“Kami memang memfokuskan masyarakat perbatasan dalam Operasi Pasar kali ini, direncanakan kami akan berangkat tanggal 16 april 2020 dan di sana dimungkinkan akan dimulai tanggal 17 april 2020,” katanya.

Pihaknya juga menginventarisir sejumlah kebutuhan pokok yang akan dibawa untuk memasok kebutuhan masyarakat yang biasanya di pasok dari Negara tetangga . ( fik)

 

Komentar

Detiksaga News