Pemkab Sintang Tetapkan KLB Covid-19

www.detiksaga.com,  Sintang: Pemerintah daerah kabupaten Sintang menetapkan  Status Kejadian Luar Biasa (KLB) penanganan covid -19 di kabupaten Sintang mulai senin (30/03/2020).

Penetapan ini didasari wilayah Sintang yang merupakan daerah sentral di wilayah timur kalimantan barat, dan telah adanya penetapan  Pasien Dalam Pengawasan (PDP) register 02 yang dirawat di Rumah Sakit Ade M Joen Sintang positif covid-19.

Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan penetapan KLB tersebut wujud kesiapsiagaan ,keseriusan dan kehati-hatian pemerintah kabupaten Sintang untuk menangani penyebaran covid-19 di kabupaten Sintang.

“Dengan penetapan KLB ini pemerintah kabupaten Sintang mengambil langkah-langkah dengan melakukan pemantauan dan pengawasan secara ketat arus orang dan barang dari dan ke kabupaten Sintang  dengan mendirikan posko di beberapa titik,” ungkap Jarot saat konfrensi pers di pendopo Rumah jabatan Bupati Sintang, senin (30/03/2020).

Bupati juga menghimbau masyarakat untuk menjaga jarak fisik 1-2 meter, membatasi mobilitas diluar rumah, melakukan aktifitas bekerja dan belajar dirumah, dan tidak membuat cluster kerumunan seperti menggelar acara pernikahan, selamatan, dan evet sosial lainya.

“Masyarakat juga dihimbau untuk menjaga kebersihan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat dan meminta pelaku usaha tidak melakukan penimbunan bahan makanan pokok,” tandasnya.

PDP 02 yang dirawat di Rumah Sakit Ade M Joen Sintang laki-laki berusia 55 tahun merupakan pasien rujukan dari kabupaten lain, dirawat sejak tanggal 19 maret 2020 dengan keluhan demam, batuk dan sesak nafas, riwayat perjalanan pernah berpergian ke Jogjakarta dan Jakarta untuk urusan dinas.

Kondisi pasien saat ini sudah stabil dan tidak lagi mengalami sesak nafas, tidak demam dan tidak batuk, infus sudah dilepas sejak 28 maret 2020, pasien dapat melakukan aktivitas dengan baik diruang isolasi karantina Rumah Sakit Ade M Joen Sintang. (fik)

 

Komentar

Detiksaga News