DMI Sintang: Corona, Tumbuhkan Kesadaran Menjaga Kebersihan

www.detiksaga.com, Sintang: Muhammadiyah Disaster Management Center Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MDMC-PDM) Kabupaten Sintang  melakukan Bakti Sosial penyemprotan Disinfektan dengan target  tempat Ibadah yang ada di kota Sintang

Sekretaris kegiatan, Erga Ofiananda mengatakan kegiatan ini dalam upaya ikhtiar  bersama mencegah penyebaran Virus Corona (Covid-19) diwilayah kabupaten Sintang.

“ Gerakan ini salah satu upaya memotivasi masyarakat  untuk menjaga kebersihan tempat Ibadah, kami menargetkan kegiatan ini berlangsung hingga 3 april 2020,” ungkapnya.

Pembiayaan kegiatan ini dari donasi seluruh masyarakat Sintang khususnya Warga Muhammadiyah Kabupaten Sintang.

Sementara Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Sintang Senen Maryono Sangat  mendukung gerakan masyarakat  dengan melakukan pembersihan Masjid sebab ini merupakan Ikhtiar yang dilakukan agar terhindar dari virus Covid-19.

Ia juga menyatakan menjaga kebersihan Masjid bukan hanya saat adanya wabah virus corona seperti saat ini namun terus berlangsung setiap saat.

“ Setiap pagi masjid memang harus dibersihkan karena setiap Masjid sudah ada petugas kebersihan, Sajadah gulung dilakukan pembersihan dengan Vacum cleaner dan disemprot dengan disinspektan,” katanya.

Menjaga kebersihan masjid memang bukan hanya di dalam namun juga dilakukan di luar masjid, Senen Maryono menyatakan bersyukur saat ini kesadaran umat untuk menjaga kebersihan meningkat.

“Menjaga kebersihan dan kesehatan merupakan tugas semua umat beragama baik secara pribadi maupun kelompok, “ tambahnya.

Isu corona, menurut Senen Maryono ternyata tidak mempengaruhi Umat Islam untuk tetap sholat berjamaah di Masjid.

“ Harapanya memang jangan terlalu takut untuk Sholat berjamaah sebab, dengan beribadah berjamaah IsyaAllah Doanya akan lebih kuat, semua penyakit itu datangnya dari Allah, orang Sholat berjamaah dengan niat ikhlas bilapun harus meninggal maka sahid,” tambahnya.

Hikmah dari semua ini menurut Senen, masyarakat semakin sadar pentingnya mencuci tangan dan meningkatnya perilaku hidup bersih dan lebih taat kepada Allah. (fik)

Komentar

Detiksaga News