Biaya Perawatan Pasien Covid-19 Mahal, Siapa Yang Menanggungnya?

www.detiksaga.com, Sintang: Biaya penanganan kasus corona yang dikeluarkan Rumah sakit cukup mahal, hal ini disebabkan seluruh peralatan yang digunakan sesuai standar perawatan Covid-19.

Direktur Rumah Sakit Ade M Joen Sintang dr. Rosa Trifina mencontohkan , Alat  Pelindung Diri (APD) saja hanya di pakai untuk satu kali setelah itu dibuang.

Sampai saat ini penanganan dua orang suspect corona di Sintang dilakukan sesuai standar pelayanan kasus corona, pihak Rumah sakit belum memperhitungkan berapa biaya penanganan pasien.

“ Sampai saat ini kami melakukan penanganan sesuai standar, sementara biaya yang dikeluarkan dihitung kemudian, untuk kasus corona ini pembiayaan akan dibiayai oleh kementrian kesehatan,” ungkapnya, jumat (20/03/2020).

Kendati demikian Rosa mengakui belum mengetahui secara rinci sistim klaim yang dilakukan.

Sementara pemerintah memastikan akan menanggung seluruh biaya pengobatan COVID-19 baik kepada warga sendiri maupun warga asing.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, anggaran yang digunakan pemerintah masuk ke dalam pagu penanggulangan bencana. Ini mengacu kepada Undang-Undang Nomor 24 tahun 2007 tentang bencana yang mengatur penggunaan anggaran siap pakai tersebut untuk penanggulangan COVID-19.

Mekanisme penggunaan dana pakai diatur dalam Peraturan Pemerintah 21 tahun 2016 dan aturan khusus Kepala BNPB.

“Setelah nanti akan dipertanggungjawabkan nanti akan masuk di dalam DIPA BNPB, jadi bukan dana program di kementerian,” Kata Yuri.

Yuri pun mengatakan, pemerintah sudah mengantisipasi agar kasus kehabisan alat pelindung diri (APD) bisa ditangani. Menurut  Dirjen Pengendalian dan Penularan Penyakit Kementerian Kesehatan tersebut, pemerintah akan menggalakkan sosialisasi untuk waktu penggunaan APD. Ia juga meminta daerah mengontrol distribusi APD serta memantau penggunaan APD tersebut.

“Alatnya sekarang kita penuhi semua ada di rumah sakit. Jadi APD itu sekarang ada di provinsi dan provinsi kita minta betul-betul memantau rumah sakit-rumah sakit yang ada di jajaran dia,”  Pinta Yuri . (fik)

Komentar

Detiksaga News