Antisipasi Corona, Tiga Puskesmas Sintang Pantau Kebaradaan TKA

www.detiksaga.com, Sintang: Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang memerintahkan tiga puskesmas di tiga kecamatan yakni Sungai Tebelian, Dedai dan Kelam Permai untuk memantau Tenaga Kerja  Asing (TKA) asal China.

Kepala Bagian Pemberantasan dan  Pencegahan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Darmadi, M. Kes  mengatakan TKA tersebut perlu diamati.

“ Kita sudah sampaikan  ke Puskesmas untuk memantau perusahaan yang mempekerjakan warna negara Tiongkok untuk diamati dan dikunjungi, “ ungkapnya.

Memang ada TKA asal Tiongkok di PT Julung tapi sudah dilakukan pemantauan oleh para petugas Puskesmas secara aktif.

Darmadi mengakui dari lintas batas tradisional yang berada di Kecamatan Ketungau Hulu dan Ketungau Tengah cukup rawan mengingat tidak dilakukan pemeriksaan secara khusus sebab masyarakat masih bebas keluar masuk tanpa pengawasan.

“ Sekarang di Malaysia terkonfirmasi terdapat delapan kasus Corona sehingga Malaysia tetap harus diwaspadai,” tambahnya.

Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan barat juga telah meminta rumah Ade M Joen Sintang menyiapkan ruang khusus untuk mengantisipasi adanya kasus corona di Sintang.

Direktur Rumah Sakit Ade M Joen Sintang dr Rosa trivina mengatakan survelance pertama tetap berada di puskesmas yang selanjutnya akan ditindak lanjuti bila ditemukan kasus corona, RSUD Sintang telah membentuk tim internal dan menyiapkan ruangan khusus. (fik)

Komentar

Detiksaga News