Kangker Serviks Jenis Kangker yang Perlu Diwaspadai Wanita di Sintang

www.detiksaga.com, Sintang : Kanker leher rahim (serviks) masih mendominasi  penyakit jenis kangker yang diderita kaum wanita di Sintang.

Kepala Bagian Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan kabupaten Sintang Darmadi, M.Kes mengatakan ,kangker leher rahim menjadi kasus paling banyak, ini di sebabkan berbagai faktor salah satunya faktor makanan, atau pernikahan di bawah usia 20 tahun yang mengakibatkan resiko tinggi.

Data 2014 dari puskesmas menyebutkan dari seratus lebih wanita 18 orang  menderita kangker serviks ini angka ini dinilai cukup tinggi yakni diatas 10 persen lebih dari jumlah wanita di Sintang, ,” katanya. Rabu (05/02/2020).

Kasus Kangker di Sintang kata Darmadi memang banyak namun datanya pasti ada di rumah sakit sebab Puskesmas tidak memiliki peralatan memadai untuk pemeriksakan kangker kecuali IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat) Kangker rahim, Ini pun baru pada diagnosa awal perlu tindakan lanjutan di rumah sakit.

Kanker serviks termasuk jenis kanker yang paling bisa dicegah dan disembuhkan dibandingkan dengan jenis kanker lainnya asalkan diketahui sejak dini, namun masyarakat kecendrungan jarang memeriksakan diri.

Sementara Direktur Rumah Sakit ade M Joen Sintang dr Rosa Trifina mengatakan sepanjang tahun 2019 pihaknya menerima 23 kasus penderita kangker namun tidak ditangani rumah sakit karena tidak memiliki tenaga dan peralatan memadai sehingga dirujuk ke Pontianak. (fik)

Komentar

Detiksaga News