Peserta Tes CPNS Sintang Didominasi Tenaga Honor

www.detiksaga.com, Sintang: Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan  para peserta yang mengikuti tes CPNS ini rata-rata  tenaga honor kontrak,  khususnya untuk tenaga guru dan tenaga kesehatan karena tujuannya untuk meningkatkan statusnya menjadi CPNS.

Hal tersebut dikatakan Bupati Sintang Jarot Winarno saat melakukan monitoring pelaksanaan tes Seleksi Kompetensi Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) melalui monitor yang tersedia diruangan media center SMK Negeri 1 Sintang, Senin (03/02/2020).

Jarot mengatakan formasi kesehatan di Kabupaten Sintang masih kurang diminati oleh para pelamar, contohkan saja formasi dokter gigi di Rumah Sakit Pratama Serawai  tidak ada yang melamar, kemudian di tahun 2018 lalu formasi dokter di Puskesmas Jelimpau Kecamatan Tempunak dan Puskesmas Kemangai Kecamatan Ambalau itu tidak ada sama sekali yang melamar, apalagi dokter spesialis.

“Hal ini menandakan bahwa Sintang masih belum menjadi tempat yang menarik bagi pelamar khususnya dokter, faktor sulitnya tempat bekerja juga mempengaruhi minat pelamar tes CPNS,” ungkapnya.

Jarot menambahkan bahwa tes SKD CPNS formasi tahun 2019  ini berbeda dengan tahun lalu, kekurangannya tes SKD CPNS jauh lebih ketat, yakni masing-masing ruangan ada pengawas dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) namun tingkat kesulitan dari materi tes lebih rendah dari tahun lalu.

Sementara iKetua Tim Pengawas dan Pengendali Seleksi CPNS tahun 2019, Apolonaris Biong, menjelaskan jumlah peserta yang mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar CPNS tahun 2019, “totalnya itu sebanyak 2.940 orang, dibagi tiga formasi, untuk formasi tenaga pendidik sebanyak 467 orang, untuk formasi tenaga kesehatan sebanyak 1.072 orang, formasi tenaga teknis 1.401 orang.

Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kabupaten Sintang, ini dilaksanakan selama 6 hari, dari hari  3 Februari 2020 sampai 8 Februari 2020, dengan satu hari dilaksanakan 5 sesi, yang dimulai jam  08.00 sampai 16:30 WIB. ( Rl/Fik)

 

 

Komentar

Detiksaga News