Komisi V DPR RI : Peralatan Mitigasi Bencana Masih Tertinggal

www.detiksaga.com,  Jakarta: Mitigasi bencana yang digalang Pemerintah dinilai masih jauh dari harapan. Sangat ironis, ditengah bencana banjir yang menimpa sejumlah daerah, penanganan korban dan pencegahan bencana alam belum maksimal dilakukan.

Seusai rapat kordinasi dan evaluasi  DPR RI bersama BMKG dan Basarnas Ketua Komisi V DPR RI Lasarus mengatakan mengatakan, sejauh ini Pemerintah hanya fokus menangani korban bencana. Sementara mitigasinya tertinggal.

Peralatan Mitigasi bencana masih jauh tertinggal, setiap tahun anggaran BMKG dan BASARNAS ditingkatkan.

“Terkait dengan kebencanaan masih banyak diperlukan peralatan deteksi dini bencana sehingga ketika bencana terjadi mudah mendapatkan informasi untuk diantisipasi,” ungkapnya, rabu (29/01/2020)

BASARNAS sendiri yang bertugas membantu pencarian dan evakuasi korban perlu ditingkatkan kebutuhannya, seperti SDM, peralatan, dan anggarannya.

Sementara mengomentari infrastruktur yang rusak akibat banjir, Politisi PDIP asal Kalbar tersebut mengatakan pembangunan infrastruktur oleh Kementerian PUPR harus memperhatikan kondisi geografis dan dampak lingkungan.

Diupayakan seminimal mungkin pembangunan infrastruktur itu berdampak negatif bagi lingkungan atau infrastruktur itu sendiri (fik)

 

Komentar

Detiksaga News