Dinkes Sintang Kumpulkan Para Dokter Terkait Corona

www.detiksaga.com, Sintang:

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sintang melakukan rapat koordinasi terkait merebaknya kasus penyakit yang disebabkan virus corona.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Darmadi, M.Kes menyatakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang hari ini, senin (27/01/2020) mengumpulkan seluruh dokter spesialis se-kabupaten Sintang untuk mengantisipasi masuknya penyakit mematikan ini ke kabupaten Sintang.

“ Upaya antisipasi ini memang penting mengingat  penularan penyakit  ini dari manusia ke manusia ini mirip MERS dan SARS, yang diperkirakan terjadi melalui cairan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin, mirip dengan bagaimana influenza dan patogen pernapasan lainnya menyebar, virus corona termasuk virus yang mudah menular dari manusia ke manusia, dan reaksinya sangat cepat,” katanya saat dihubungi selulernya, senin (27/01/2020)

Kabupaten Sintang kata Darmadi  merupakan daerah yang jumlah tenaga medisnya terbatas dan wilayah sangat luas sekaligus daerah yang berbatasan dengan Malaysia, dan masih banyak jalan- jalan tikus untuk masyarakat berinteraksi dengan negara tetangga sehingga perlu kewaspadaan ekstra.

Jajaran dinas kesehatan juga akan memberikan sosialisasi upaya pencegahan dan masyarakat diharapkan segera menghubungi medis bila mengalami sesak pernapasan dan demam tinggi.

Virus corona memang belum ada obatnya namun Darmadi menyarankan ada upaya pencegahan dengan prilaku hidup bersih  dan sehat diantaranya menghindari makanan junkfood, banyak mengkonsumsi sayur dan buah- buahan, sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air selama 20 detik, dan kurangi kontak langsung dengan binatang. (fik)

 

 

Komentar

Detiksaga News