Bupati Targetkan 10 Desa Mandiri di Sintang

www.detiksaga.com, Sintang: Bupati Sintang, Jarot Winarno  menargetkan ada 10 desa mandiri baru di tahun 2020 di kabupaten Sintang.

Saat ini, dari 391 jumlah desa di Kabupaten Sintang, baru ada 6 desa berstatus mandiri yang tersebar di empat kecamatan.

Menurut Jarot pihaknya akan  menambah sedikitnya 10 desa mandiri baru di tahun 2020. Dengan demikian, maka akan semakin kuat pemberdayan  bagi masyarakat desa.

Berdasarkan Indeks Desa Membangun (IDM), ada 86 desa masuk kategori sangat tertinggal, 180 tertinggal, 104 berkembang, 14 maju dan 6 desa mandiri.

“Tahun sebelumnya jumlahnya 221 desa sangat tertinggal, sekarang berhasil kita entaskan, tetapi masih besar. Masih ada 86 desa sangat tertinggal,” ungkap Jarot.

Meski memiliki luas wilayah yang besar, akan tetapi yang terbaik dari Kabupaten Sintang kata Jarot rasionya di bawah rata rata nasional dan provinsi, bahkan kata dia terbaik di kalbar, angkanya 0,29 sampai 0,3. Ini menunjukan bahwa ketimpangan status sosial ekonomi di daerah pedalaman dengan perkotaan tidak terlalu besar.(fik)

Komentar

Detiksaga News