Rakon BKOW Kalbar, Usung Tema Peningkatan Derajat Kesehatan Ibu dan Anak

www.detiksaga.com, Sintang: Bupati Sintang Jarot Winarno mengatakan prioritas yang harus  dilaksanakan secara berkelanjutan di kabupaten Sintang yakni, pembangunan infrastruktur dasar, Pemangkasan birokarasi dan inovasi di segala lini.

“Indeks Pembangunan Manusia (IPM) adalah potret kondisi manusia daerah setempat yang berkaitan langsung dengan  sektor pendidikan, kesehatan dan pendapatan perkapita. Ketiga hal ini dapat diperbaiki dengan peranan dari ibu-ibu. Mulai dengan pemberian ASI (Air Susu Ibu)  melalui  pola asuh anak,” Tegas Jarot Winarano saat membuka Rapat Konsulidasi (Rakon) Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se Kalbar di Rumah Adat Melayu, jumat (20/12/2019) malam.

“Peran GOW dalam pembangunan IPM di Kalbar sangat penting membantu pemerintah  untuk peningkatan  IPM Kalbar,” Kata Jarot.

Tahun lalu IPM  Kalbar berada di peringkat 29 se-nasional dan merosot pada urutan ke 31 secara nasional, kondisi ini menuntut semua pihak dan stake holder meningkatkan derajat kesehatan pendidikan dan  ekonomi.

Ketua panitia acara, Dr. Hendrika mengatakan,  Rakon GOW ini dilaksanakan selama tiga hari mulai 20 – 22 Desember 2019 di Sintang, bertujuan untuk memfasilitasi silahturahmi antar organisasi wanita yang ada serta merumuskan berbagai upaya sinergi gerakan organisasi perempuan dengan institusi dan pemerintah.

“Tahun ini kita berfokus pada sektor kesehatan, sesua dengan seminar yang dilaksanakan dengan tema ‘peningkatan indeks pembangunan manusia Kalimantan Barat melalui peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak,” tuturnya.

Panitia juga kata Hendrika telah melaksanakan seminar tentang tema tersebut dengan menghadirkan Narasumber dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat dan Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang.

Stunting menjadi isu penting dalam Seminar,  Dalam seminar tersebut  juga memberikan pemahaman tentang Stunting melalui pengenalan dan pencegahan sejak dini melalui peningkatan kwalitas gizi masyarakat.

“ Hadir dalam seminar ini drg Hari Agung Tjahyadi, M.kes dari dinas kesehatan provinsi Kalimantan Barat  dan Darmadi, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang yang mengetengahkan pentingnya peran  wanita dalam pembangunan IPM, “ Kata Henrika.

Ia mengatakan ada beberapa kegiatan yang diagendakan oleh panitia. Mulai dari seminar, senam, aneka lomba hingga wisata bersama dengan menghadirkan 214 urusan dari 14 kabupaten Kota se Kalbar.

Kegiatan ini dilaksanakan  setiap tahun, tempat pelaksanaan bergilir sekabupaten kota yang ada di Kal-Bar.

Turut hadir dalam acara ini, anggota DPD RI Herlina Nasir. Sejumlah anggota perempuan DPRD Sintang dan sejumlah tokoh masyarakat Sintang. (Fik)

Komentar

Detiksaga News