DPC Hanura Sintang Nilai Pemberhentian Ketua DPC Oleh Ketua DPD Tidak Syah

www.detiksaga.com, Sintang: Pemberhentian ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Partai Hati nurani rakyat (Hanura) Kabupaten Sintang Heri Jamri oleh Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Hanura Kalimantan bararat Suyanto Tanjung tidak diakui oleh jajaran pengurus DPC Hanura kabupaten Sintang.

Sekretaris DPC Hanura Kabupaten Sintang Julius mengatakan jajaran DPC Hanura Kabupaten Sintang solid  dan tidak akan mengakui pemberhentian sepihak ketua DPC Hanura oleh ketua DPD Hanura Kalbar.

“ Saya sebagai sekretaris DPC Hanura yang syah di Sintang, menyatakan tidak ada perombakan kepengurusan partai Hanura di Sintang merupakan intruksi Dewan Pimpinan Pusat (DPP) bukan hanya di Sintang tapi di seluruh Indonesia di semua tingkatan, sehingga kami menganggap apa yang dilakukan ketua DPD tidak sesuai intrusi DPP,” ungkapnya seusai rapat paripurna di gedung DPRD Sintang, jumat (29/11/2019).

Kepastian itu menurut Yulius, diperkuat surat nomor 106/DPD-Hanura/XI/2019 tertanggal 8 Januari 2019 mengatakan tidak ada pergantian kepengurusan pada semua tingkatan kepengurusan partai Hanura seluruh Indonesia termasuk di Kabupaten Sintang.

“Aturannya sudah jelas berdasarkan AD/ART partai Hanura. Surat itu juga mementahkan semuanya. Jadi itu tidak benar,”tegas Julius.

Menurutnya keputusan yang memberhentikan ketua DPC Hanura Sintang dilakukan secara sepihak dan jelas melanggar aturan partai.

Julius juga menyatakan saat ini masih dilakukan langkah hukum ke Mahkamah Partai sehingga tidak akan ada kegiatan yang dilakukan DPC sebelum adanya putusan dari mahkamah Partai

“Kita tunggu saja hasil dari mahkamah partai, dan kami di DPC solid dan tidak memiliki permasalahan apa- apa ketua syah menurut kami Heri Jamri sama seperti yang diakui DPP,”tandas Yulius.

Ditempat yang sama Ketua DPC Hanura Sintang Heri Jamri membenarkan pernyataan yang disampaikan oleh seketaris DPC Hanura Sintang.

“Memang betul, tidak ada pemberhentian yang dilakukan oleh Ketua DPD Kalbar saudara Suyanto Tanjung,”kata Heri.

Menanggapi  pemberhentian dirinya sebagai ketua DPC Hanura Sintang  Heri jamri menegaskan apa yang dilakukan DPD melanggar AD/ART dan mekanisme partai. Sebab kewenang partai ada di Dewan Pimpinan Pusat (DPP).

Terhadap pemberhentian yang dilakukan oleh Ketua DPD Hanura Kalbar Suyanto Tanjung, lanjut Heri hal tersebut lebih ke persoalan pribadi. (fik)

Komentar

Detiksaga News