Dekopin Sintang Tidak Aktif, Disperindagkop Minta Pengurus Direstrukturisasi

www.detiksaga.com. Sintang: Dinas Perindustrian perdagangan Koperasi (Disperindagkop) dan UKM Kabupaten Sintang melakukan pembinaan peran organisasi Dekopinda ( Dewan Koperasi Daerah) pada sejumlah koperasi yang ada di kabupaten Sintang di Aula CU Keling Kumang, Selasa, (19/11/2019).

Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengawasan Koperasi Disperindagkop UKM Kabupaten Sintang Edy Suhardi mengatakan peran Dekopin di Sintang dinilai tidak aktif sehingga pihaknya mendorong peningkatan pemahaman pada koperasi- koperasi di Sintang tentang peran Dekopin sebenarnya.

“ Kita mengajak koperasi koperasi di Sintang untuk meningkatkan peran Dekopin untuk Koperasi yang ada di Sintang, pengurus yang ada perlu direstrukturisasi sebab di Sintang sendiri terdapat 322 koperasi dari berbagai usaha,” ungkapnya Selasa, (19/11/2019).

Keberadaan Dekopin sebenarnya cukup penting dalam pengembangan Koperasi di daerah sehingga koperasi-koperasi yang ada dapat mengupdate berbagai informasi teknologi perkoperasian.

“Keberadaan Dekopin selama lima tahun di Sintang tidak aktif sehingga kami berniat memberikan pemahaman pada koperasi tentang keberadaan Dekopin,” tambahnya.

Sementara salah seorang pengurus Dekopin Kabupaten Sintang Imam Asrori menyatakan keberadaan Dekopin  di Sintang mamang secara legalitas tidak jelas sebab sejak ditunjuk menjadi pengurus Dekopin tidak di kuatkan dengan SK (Surat Keputusan).

“ Praktis memang tidak ada kegiatan Dekopin di Sintang, yang ada hanya nama- nama pengurus yang ditunjuk saja, dan kepengurusanya juga berakhir tahun 2020” Katanya.

Hadir dalam kegiatan tersebut pengurus Wilayah Dekopin Kalimantan barat yang menyampaikan  materi tentang peran Dekopin dalam perkoprasian. (Fik)

 

Komentar

Detiksaga News