Disdikbud Sintang Kecewa, Penerimaan CPNS 2019 Tidak Sesuai Kebutuhan

www.detiksaga.com, Sintang: Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten dan Kebudayaan (Disdikbud) Sintang Yustinus menyatakan kecewa setelah melihat formasi penerimaan guru CPNS 2019 yang dibuka tidak sesuai dengan usulan dari pemerintah kabupaten Sintang.

Menurutnya pihak pemerintah kabupaten Sintang sudah mengusulkan formasi guru SD- SMP yang mengalami cukup banyak kekurangan namun yang terdapat dalam formasi pernerimaan CPNS tahun 2019 tersebut guru kelas, guru olah raga dan guru bidang studi yang jumlahnya  sekitar  90 orang.

Yustinus mengatakan sesuai data terdapat kekurangan saat ini terdapat 2 ribu guru sementara yang pensiun tahun 2019 ini terdapat 207 guru belum lagi yang meninggal, sehingga tidak seimbang antara yang masuk dan yang keluar artinya dengan dibukanya penerimaan CPNS pun Sintang tetap mengalami kekurangan guru sepanjang tahun.

“Untuk mengatasi kekurangan guru di Sintang pemerintah daerah dan pusat mengambil kebijakan dengan mengangkat guru kontrak, namun kendalanya ada edaran dari Menteri, daerah tidak boleh mengangkat guru honor daerah sehingga ini menjadi kendala tersendiri,” ujar Yustinus, selasa (05/11/2019)

Selain itu P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja) tahun 2019 ini kabupaten Sintang belum mendapatkan alokasi, sementara penerimaan tahun sebelumnya juga belum mendapatkan SK dari pemerintah pusat.

“Permasalahan dunia pendidikan di daerah memang masih dirasakan rumit ditengah keterbatasan tenaga pengajar  sehingga kami perlu kembali meminta pemerintah pusat agar mengatasinya dengan bijak sehingga kekurangan guru setiap tahun tidak terus bertambah,” tutupnya. (Fik)

Komentar

Detiksaga News