Puskesmas di Desa Jasa Ditargetkan Desember Selesai

www.detiksaga.com, Sintang: Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Sintang, dr. Harysinto Linoh berharap dibangunya Puskesmas yang cukup megah di kawasan perbatasan akan mengurangi masyarakat Sintang yang berada perbatasan yang berobat ke Malaysia.

Selama ini di desa Jasa sudah ada fasilitas kesehatan namun hanya sekelas Pustu dan Polindes, dengan di bangunya  Puskesmas di Jasa maka akan dilengkapi dengan tenaga dokter, tenaga medis dan perawat medis yang standbye sehingga masyarakat tidak perlu berobat ke negeri seberang.

Pada saat melakukan peninjauan pembangunan Puskesmas di desa Jasa Selasa, (15/10/2019).  Dr. Harysinto Linoh optimis pembangunan puskesmas Jasa akan cepat selesai.

“Kami bersama  Bupati meninjau langsung, progresnya saat ini sudah 30%, kita berharap pembangunan ini selesai pada awal Desember 2019, kita pacu terus pembangunannya,dengan berdirinya puskesmas Jasa ini maka puskesmas yang ada di Sintang semakin bertambah,” ujarnya.

“Sejauh ini yang eksisting ada 20 Puskesmas, kemudian pada bulan Agustus 2019 kemarin kita ada nambah 1 Puskesmas sehingga menjadi 21 Puskesmas, dan Puskesmas Jasa ini adalah puskesmas ke 22 yang ada di Kabupaten Sintang,” kata Sinto.

Puskesmas Jasa ini dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Tahun anggaran 2019 dengan pagu 8 Milyar.Puskesmas Jasa ini merupakan puskesmas rawat inap yang dilengkapi 15 tempat tidur, dengan peralatan yang lengkap, tenaga medis, perawat medis yang lengkap.

Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan apresiasi kepada pihak yang telah memiliki inisiatif untuk membangun Puskesmas di desa Jasa.

Menurut Jarot, pembangunan puskesmas ini tak terlepas dari dukungan dan bantuan dari tokoh masyarakat desa Jasa,  nantinya puskesmas Jasa ini akan berhadapan dengan kantor kecamatan Jasa namun setelah melalui proses pemekaran kecamatan di perbatasan. (Fik)

 

Komentar

Detiksaga News