Tambah Pengetahuan Kepemiluan, Puluhan Siswa MAN Kunjungi RPP KPU Sintang

www.detiksaga.com, Sintang: Sekitar 30 Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sintang bersama guru yang mendampingi mengunjungi Rumah Pintar Pemilu (RPP) Bumi Senentang KPU Kabupaten Sintang Selasa, (15/10/2019).

Para siswa di pandu oleh staf KPU Kabupaten Sintang sebagai guide untuk melihat beberapa display terkait kepemiluan di kantor KPU Kabupaten Sintang. Beberapa hal yang dapat mereka ketahui di RPP adalah mengenai sejarah Pemilu di Indonesia, sistem Pemilu di dunia, Peserta Pemilu, struktur organisasi KPU, pemungutan dan penghitungan suara, Penyelenggara Pemilu, hasil pemilu tahun 2019 di Kabupaten Sintang, dan pentingnya Pemilu dan demokrasi.

Komisioner KPU Sintang Karsinah mengatakan para siswa di ajak masuk ke ruang audio untuk menonton video kepemiluan. Diantaranya tentang sejarah Pemilu di Indonesia, Rumah Pintar Pemilu, pentingnya memilih, tata cara memilih dan syarat menjadi pemilih.

“Kegiatan di lanjutkan dengan diskusi bersama dan tanya jawab. Seluruh siswa terlihat antusias dalam mengikuti proses diskusi, terlihat dari pertanyaan dan saran yang mereka lontarkan. Acara diskusi di tutup dengan pemberian hadiah bagi siswa yang dapat menjawab quiz,” Ujar Karsinah.

Diakhir kunjungan KPU Kabupaten Sintang menyerahkan plakat kepada MAN Sintang yang di serahkan langsung oleh ketua KPU Kabupaten Sintang, di lanjutkan dengan foto bersama.
“Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana RPP Bumi Senentang di tahun 2019. Padatnya aktivitas dalam pelaksanaan tahapan Pemilu tahun 2019, sehingga KPU Kabupaten Sintang memutuskan untuk menerima kunjungan RPP setelah Pemilihan tahun 2019 usai di laksanakan,” tambah Karsinah.

Karsinah mengatakan, target yang ingin di capai oleh KPU Kabupaten Sintang adalah minimal sebanyak 12 kali kunjungan dengan target pengunjung adalah pemilih pemula (siswa sekolah menengas atas).

RPP Bumi Senentang

KPU Kabupaten Sintang telah meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) dengan nama RPP Bumi Senentang pada 15 Mei 2018. Rumah Pintar Pemilu adalah sebuah konsep pendidikan pemilih yang dilakukan melalui pemanfaatan ruang dari suatu bangunan atau bangunan khusus untuk melakukan seluruh program-aktifitas project edukasi masyarakat.

“RPP Bumi Senentang melekat di kantor KPU Kabupaten Sintang. Berbagai sarana untuk memberikan pengetahuan, pemahaman, kesadaran dan inspirasi masyarakat tentang pentingnya pemilu dan demokrasi disediakan di rumah pintar pemilu. Pada fungsi yang lebih luas, konsep rumah pintar pemilu dapat difungsikan menjadi semacam museum pemilu,” Jelas Karsinah.

Ia menambahkan, Rumah Pintar Pemilu memiliki tujuan akhir untuk meningkatkan partisipasi masyarakat baik secara kuantitas maupun kualitas. Sehingga dalam Rumah Pintar Pemilu di kenalkan tentang pentingnya Pemilu dan demokrasi, agar tumbuhnya pemahaman dan kesadaran masyarakat terhadap Pemilu.

“KPU Kabupaten Sintang terbuka bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Sintang untuk berkunjung ke Rumah Pintar Pemilu Bumi Senentang. Selain mengenalkan tentang kepemiluan, pengunjung juga akan di kenalkan dan mengetahui tentang proses pelaksanaan tahapan Pemilu dan Pemilihan di KPU Kabupaten Sintang,” Tandasnya . (Rls/fik)

Komentar

Detiksaga News