Kisruh SK Pimpinan DPRD Sintang Dari Hanura, DPC Akan Selesaikan di Mahkamah Partai

www.detiksaga.com, Sintang: Penunjukan Nikodimus sebagai pimpinan DPRD Sintang dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) dan  DPD (Dewan Pimpinan Daerah) dimentahkan oleh ketua DPC (Dewan Pimpinan Cabang)  Partai Hanura.

Akibatnya Paripurana Pengumuman Pimpinan DPRD Sintang yang dilaksanakan, Selasa (08/10/2019) tanpa mengukuhkan  satu namapun dari Partai Hanura.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Hanura, Heri Jambri menyebut Ketua DPD Hanura, Suyanto Tanjung tidak rasional dalam penetapan Wakil Ketua DPRD Sintang.

“Ketua DPD Hanura (Suyanto Tanjung) ini secara emosional membuat suatu kebijakan sehinga mengorbarkan kadernya sendiri,”  Ujarnya seusai mengikuti rapat Paripurna Pengumuman Pimpinan DPRD Sintang priode 2019 – 2024, Selasa (08/10/2019).

Heri Jambri berkeyakinan Suyanto Tanjung tidak mengikuti mekanisme partai soal penetapan SK penetapan Wakil Ketua DPRD Sintang.

Pihaknya akan menelusuri proses penunjukan Nikodimus yang ditetapkan untuk menduduki kursi pimpinan dewan

Baca juga : Hari Ini Unsur Pimpinan DPRD Sintang Diumumkan, Jatah Hanura Kosong

Minta Klarifikasi, Perwakilan Pendemo Diundang ke DPRD Sintang

“Kami harus melihat, apakah ini sesuai dengan aturan mekanisme di partai. Tetapi nanti ketika dalam mengambil keputusan karena dasarnya tidak suka, tidak senang, emosional tentu nanti diselesaikan di mahkaman partai, Saya tahu ketua DPP kami Oesman Sapta Oedang merupakan sosok yang sangat bijak, ” tegas Heri.

Heri juga mengatakan nanti akan ada aturan main di partai, Ia akan selesaikan secara internal di Partai Hanura, pihaknya juga akan klarifikasi mengenai penunjukan Nikodimus ke Mahkamah Partai.

“DPC sudah memproses melalui rapat dan saya mendapatkan dukungan semua dewan, artinya di DPC tidak ada masalah , masalahnya ketua DPD tidak senang dengan ketua DPC, ini masalah pribadi,” Ungkapnya.

Sementara Nikodimus sempat memperlihatkan Surat Keputusan DPP dan DPD yang menyebutkan dirinya ditunjuk  menjadi wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang dari fraksi Partai Hanura.

“ Surat DPP ini dikeluarkan tanggal 27 september 2019, provinsi juga telah menindak lanjuti melalui surat tanggal 1 oktober 2019 namun belum di tindaklanjuti oleh DPC Kabupaten Sintang,” Ungkapnya.

Nikodimus mengatakan tindak lanjut dari surat ini akan diserahkan pada mekanisme partai, sebelumnya DPC Hanura telah diusulkan tiga nama  ke DPD Hanura tanggal 5 agustus 2019 yakni : Heri Jambi, Yulius dan Nikodimus.

“Terhadap putusan ini ketua DPC telah melakukan konfirmasi pada ketua umum dan keputusanya sudah sama sesuai SK,” Kata Nikodimus. (Fik)

Komentar

Detiksaga News