Mayoritas Masyarakat Sintang dan Melawi Tidak Memiliki Akses Air Yang Baik

www.detiksaga.com, Sintang: Hasil evaluasi  Safe Drinking Water Treatment Project 2018-2019 Wahana Visi Indonesia (WVI) dan Dinas Kesehatan kabupaten Sintang menyebutkan Kabupaten Melawi dan kabupaten Sintang merupakan kabupaten di Kalimantan barat masyarakatnya tidak memiliki akses air yang baik.

Mayoritas masyarakat menggunakan air hujan sebagai sumber air utama atau membeli air galon olahan. Hal inilah yang mendorong Wahana Visi Indonesia  untuk mengimplementasikan sebuah proyek pelengkap untuk memperbaiki akses masyarakat terhadap air bersih.

Program ini untuk membantu masyarakat dan pemerintah menurunkan angka stunting melalui penurunan diare, sebab di Sintang, masyarakat kesulitan mendapatkan air, baik disaat banjir maupun di saat musim kemarau.

Dihubungi via selulernya koordinator Project Air dari WVI Frans Sinaga mengatakan penerima langsung manfaat project ini sekitar 38 ribu orang,  melalui pembagian   2 juta lebih penjernih air dan melatih 84 kader kesehatan serta 33 Tenaga kesehatan di kecamatan Tempunak dan Sepauk.

“Kita telah membuat lokakarya untuk membicarakan bagaimana yang harus dilakukan masyarakat saat terjadi banjir maupun kekeringan agar akses air bersih tetap tersedia dengan menjaga sumber air dan melakukan pengolahan sederhana,” katanya, jumat (30/08/2019).

Menurut Frans, pihaknya juga telah melakukan survey pada agustus 2019 locus project Kecamatan Sepauk dan Tempunak hasilnya 80 persen lebih kepala keluarga telah mengeloh air dengan benar dan sudah tahu cara mengolah air minum dengan aman.

Kendati demikian Frans mengatakan  walaupun akses air sulit saat ini masyarakat mulai mengetahui cara mengolah air sungai dengan sitem penyaringan dan penggunaan  bubuk penjernih  serta PAC.

Hal inilah yang mendorong WVI mengimplementasikan sebuah proyek pelengkap untuk memperbaiki akses masyarakat terhadap air bersih. Project air ini telah dijalankan terhitung mulai agustus 2018 hingga agustus 2019, Project ini merupakan kerjasama Wahana Visi Indonesia dan P&G. ( fik)

Komentar

Detiksaga News