Bupati Sintang Himbau Pejabat dan ASN Membeli Beras Lokal

www.detiksaga.com, Sintang: Guna meningkatkan kesejahteraan petani dan mendukung daya saing produk beras lokal hasil produksi petani serta menjaga kestabilan harga beras di Kabupaten Sintang, Bupati Sintang Jarot Winarno mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 520/3115/Ekbang.A/2019 berisi ajakan kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk membeli beras produk Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk  untuk konsumsi sehari-hari.

“Ini merupakan cara mendukung pemasaran produk beras lokal, diwajibkan kepada Aparatur Sipil Negara  dilingkungan Pemerintah Kabupaten Sintang untuk membeli dan mengkonsumsi produk beras lokal hasil produksi petani desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk Kabupaten Sintang,”  Ujar Jarot Winarno

Sebelumnya Bupati Sintang telah melaunching produk beras lokal hasil produksi petani Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk yang diberi nama merek dagang beras Bukit Pancuran.

“Beras Bukit Pancuran memiliki  varietas beras terdiri dari beras Dankan, beras Ciherang, dan beras Ciliwung dengan harga masing-masing varietas Rp15.000/Kg untuk beras Dankan, Rp12.500/Kg untuk beras Ciherang dan Rp11.500/Kg untuk beras Ciliwung. Beras Bukit Pancuran dikemas dalam karung 10 kg,” Katanya.

Menanggapi edaran ini, sekretaris Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Ir. Juwita mengatakan pihaknya telah melakukan pembinaan kepada petani melalui penyuluh secara berkelanjutan  agar produksinya surplus.

“Kita ingin beras lokal yang diproduksi petani ini dapat dinikmati masyarakat Sintang, Ini beras sehat karena tanpa ada unsur pengawet didalamnya walaupun harganya lebih tinggi sedikit dari beras di pasaran namun kwalitasnya sangat baik,” ungkapnya, Senin (26/08/2019).

Juwita mengatakan untuk menjamin kestabilan stok akan di kembangkan lebih luas tidak hanya di desa Tawang Sari saja  namun di desa desa sekitarnya juga sebab jangkauan penyuluh cukup luas.

Dalam edaran tersebut diatur mekanisme pembelian produk beras lokal tersebut pejabat Eselon II atau  Kepala OPD wajib membeli produk beras lokal hasil produksi petani desa Tawang Sari minimal 20 Kg pada setiap bulannya. Eselon III wajib membeli produk beras lokal hasil produksi petani desa Tawang Sari minimal sebanyak 10 Kg pada setiap bulannya. Eselon IV wajib mcmbeli produk beras lokal hasil produksi pelani desa Tawnng Sari minimal sebanyak 5 Kg pada setiap bulannya. Staf (tanpa eselon) dihimbau unluk dapat membeli dan mengkonsumsi produk beras lokal sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Proses pemesanan dan pembayaran beras lokal pada setiap SKPD dilakukan pada tanggal l sampai dengan tanggal 10 setiap bulannya. Untuk mempermudah proses pemesanan dan pembayaran beras, maka masing-masing OPD dapat menunjuk seorang staf yang bertanggung jawab untuk mengkoordinir pemesanan dan pembayaran beras lokal. Pemesanan dan pembayaran beras lokal pada masing-masing SKPD dapat menghubungi Handphone Syafarman,S.Hut Handphone (08125694354) dan Armiyarsih,SP (085245700482) pada Dinas Penanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang. (Fik)

 

Komentar

Detiksaga News