Pendaki Asal Malaysia Terharu Saat Indonesia Raya Dikumandangkan di Puncak Kelam

www.detiksaga.com, Sintang: Seorang pendaki asal Kuala Lumpur Malaysia Nabila Muhammad menyatakan terharu saat dirinya turut membentangkan merah putih di puncak gunung kelam. Ia mengatakan sempat menangis dengan perjuangan teman temannya yang dengan segenap kekuatan mengangkat bendera kearah tebing gunung kelam yang curam.

Wanita 28 tahun ini juga merasakan perih dan lelah saat berada diatas gunung kelam, sebab gunung kelam memiliki medan berat dengan kecuraman ekstrim.

“Saya sudah berkali-kali melakukan pendakian namun ini pertama kali ke Kalimantan barat, saya menyukai kegiatan ini  namun  ini sebuah kebanggaan memikul bendera hingga kepuncak,” Ucapnya dalam dialeg Malaysia yang kental.

Pemanjat tebing asal Malaysia ini juga menyatakan salut dengan para pendaki yang memiliki semangat tinggi sebab hanya dalam waktu 4 jam bendera raksasa berukuran 180 X 85 meter berhasil dikembangkan.

Baca juga : Bendera Raksasa Terbentang, Para Pendaki Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Puncak Gunung Kelam

“Faktor yang paling sulit adalah faktor angin yang berhembus sangat kuat padahal para pendaki harus turun ke tebih curam untuk membentangkan bendera,” tambahnya.

Meski dirinya warga  Malaysia namun Ia turut terharu dapat mengibarkan bendera Indonesia apalagi saat lagu Indonesia raya dikumandangkan diatas puncak Ia merasakan begitu besarnya makna sebuah bendera untuk perjuangan bangsa Indonesia.

Direncanakan bendera ini akan diturunkan setelah melakukan koordinasi bersama pemerintah daerah dan forkopimda kabupaten Sintang, setelah diturunkan bendera ini akan disimpan di Museum Kapuas Raya Sintang. (Fik)

Komentar

Detiksaga News