Bendera Raksasa Terbentang, Para Pendaki Menyanyikan Lagu Indonesia Raya di Puncak Gunung Kelam

www,detiksaga,com, Sintang: Diperlukan waktu 4 jam 37 menit untuk membentangkan bendera merah putih raksasa di lereng gunung Kelam Kecamatan Kelam Permai Kabupaten Sintang Kalimantan Barat, Minggu (18/08/2019).

Bendera berkuran 180×48 meter dengan bobot 500 kg ini di bawa kepuncak gunung kelam dengan susah payah oleh tim yang terdiri dari 48 orang, mereka secara kompak memikul bendera ini dengan melewati medan terjal dengan kemiringan hampir 90 derajat.

Pukul 11.00 WIB Bupati Sintang Jarot Winarno memberikan aba-aba kepada para pendaki melalui sirine dari halaman kantor camat yang berjarak kurang lebih 3.500 meter dengan pendaki.

Komunikasi dengan para pendaki dilakukan melalui radio, Jarot menyatakan  apa yang dilakukan ini merupakan ekspresi rasa kemerdekaan, sebelumnya ada ekspedisi merah putih di Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya dengan membentangkan merah putih di gunung tertinggi di pulau Kalimantan.

“Hari ini yang kita lihat pengibaran bendera raksasa di gunung kelam yang merupakan ikon kabupaten Sintang, Ini merupakan bukit batu terbesar di dunia, atas inisiatif pak Jeffray dan kawan-kawan maka kita bentangkan bendera raksasa melibatkan vertical rescue dari Bandung, Basarnas, Mapala, TNI, Polri dan seorang pendaki wanita asal malaysia semuanya terlibat saling bahu membahu, “ Ujar Jarot.

Ketua Panitia Pelaksana Jeffray Edward  mengatakan, apresiasi masyarakat sangat tinggi. Ia juga menyampaikan terima kasih untuk semua yang terlibat dalam pelaksanaan ini.

“Pembentangan ini, kita harapkan mampu menyemarakkan peringatan HUT RI ke 74 di Kabupaten Sintang, Pada HUT Kemerdekaan RI ini kita berkontribusi yang besar dalam menjunjung rasa patriotisme kita kepada Bangsa Indonesia dan rasa cinta pada tanah air,” katanya.

Tantangan terberat dari pembentangan bendera ini adalah angin yang cukup kencang bahkan dari arah bawah lereng yang naik keatas, selain itu kondisi medan terjal dengan batu yang di tumbuhi lumut  licin membuat tantangan tersendiri.

Tepat pukul 15.37 WIB bendera raksasa tersebut terbentang sempurna, terdengar suara para pendaki dari radio telekomunikasi yang menyanyikan lagu Indonesia raya menandai suksesnya kerja keras selama dua hari dua malam menaklukan  puncak gunung kelam. (Fik)

Komentar

Detiksaga News